Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Orangutan Ditemukan dalam Kondisi Lemah di Kebun Warga

Kompas.com - 31/07/2017, 18:13 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Seekor anak orangutan ditemukan di kebun warga dalam kondisi lemah di Gampong Aunan, Kecamatan Ketambe, Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara.

Anak orangutan ini diduga terpisah dari induknya sehingga mengalami kondisi kekurangan nutrisi akibat hanya sedikit makan.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo mengatakan, anak orangutan itu ditemukan pertama kali oleh warga setempat bernama Budi, Jumat (28/7/2017).

Sapto mengatakan, Budi sempat merawat anak orangutan tersebut, namun kemudian langsung menyerahkannya ke Forum Konservasi Leuser (FKL).

“FKL ini adalah lembaga mitra BKSDA dan kemudian FKL serahkan anak Orangutan itu kepada kami, umur anak orangutan itu sekitar 2 tahun dalam kondisi kekurangan vitamin,” kata Sapto di Banda Aceh, Senin (31/7/2017).

(Baca juga: Dievakuasi dari Kebun Karet, Tubuh Orangutan Dipenuhi Puluhan Peluru)

Untuk proses pemulihan fisik anak orangutan itu, Sapto mengatakan, hewan dilindungi tersebut langsung dikirim ke Resort Pusat Rehabilitasi Orangutan Sumatera di Sibolongit, Sumatera Utara (Sumut).

“Di pusat rehabilitasi ini nantinya orangutan itu akan diperbaki gizinya agar bisa dilepasliarkan kembali ke habitatnya,” tutur Sapto.

“Dari pemeriksaan dokter diketahui bahwa orangutan dalam kondisi malvitamin. Selanjutnya akan dilakukan proses rehabilitasi lanjutan sebelum dilepasliarkam kembali ke habitatnya,” tuturnya.

 

Kompas TV Bayi Orangutan Berhasil Diselamatkan Petugas
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com