Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Berpenumpang 19 Orang Karam di Perairan Pulau Komodo

Kompas.com - 30/07/2017, 15:38 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Sebuah kapal layar motor Versace Jaya yang mengangkut 19 orang penumpang tenggelam di Perairan Pulau Padar, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (30/7/2017).

Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat AKBP Supiyanto mengatakan, lokasi tenggelamnya kapal itu persis di seputaran Selat Linta kawasan Balai Taman Nasional Komodo.

Baca: 19 Penumpang Kapal yang Karam di Perairan Pulau Komodo adalah Mahasiswa  

Kapal itu, lanjut Supiyanto, nakhodai Herman Ihlas dan empat orang anak buah kapal, yakni Ambo Sakka, Daud, Agus Syofan dan M Randi Yunhadi.

"Beruntung penumpang di atas kapal berhasil diselamatkan oleh kru kapal layar moto Alfatar dan kapal layar motor Padaelo pada saat melintas di lokasi kecakaan," kata Supiyanto kepada Kompas.com, Minggu petang.

Semua penumpang sudah bisa dievakuasi oleh tim gabungan dari Basarnas, kepolisian perairan dan TNI.

"Untuk kronologi lengkap akan dilaporkan kemudian, karena masih menunggu kapten dan anak buah kapal tiba di Labuan Bajo," sebut Supiyanto.

Baca juga: 3 Korban Kapal Tenggelam di Rote Ndao Belum Ditemukan

Sementara itu, dihubungi secara terpisah, Kepala Kantor SAR Kupang Gede Ardana mengatakan, setelah mendapat laporan tenggelamnya kapal itu sekitar pukul 10.20 Wita, pihaknya langsung menerjunkan Tim Penyelamat dari Pos SAR Labuan Bajo yang beranggotakan lima orang dengan menggunakan satu buah RIB 400 PK menuju lokasi kejadian.

"Sekitar pukul 11.10 Wita, para penumpang berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan dalam keadaan selamat, pada koordinat 08°40'39,04"S - 119°35'56,05"E. Para penumpang selanjutnya dibawa ke Labuan Bajo," ungkap Ardana.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab karamnya kapal itu.

Kompas TV Baru beberapa saat lalu, sebuah kecelakaan laut terjadi di Perairan Tarakan, Kalimantan Utara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com