Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perwira Mabes Polri Daftar Cagub Jatim Lewat Partai Demokrat

Kompas.com - 29/07/2017, 14:31 WIB
Achmad Faizal

Penulis

Kompas TV Partai Golkar Bidik Gus Ipul Jadi Cagub Jatim

SURABAYA, KOMPAS.com - Seorang perwira polisi yang masih aktif berdinas di Mabes Polri mendaftar sebagai calon gubernur di Partai Demokrat Jatim. Dia adalah Kombes Syafiin, perwira polisi yang menjabat sebagai analis madya Bidang Hukum Mabes Polri.

Sabtu (29/7/2017), dia mengembalikan formulir pendaftaran ke Kantor DPD Partai Demokrat Jatim di Surabaya. Syafiin diantar puluhan pendukungnya dari daerah kelahirannya yakni Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Meski masih aktif, Syafiin mengaku siap mundur dari kepolisian jika Partai Demokrat memilihnya menjadi cagub atau cawagub Jatim di Pilkada 2018 mendatang.

"Saya siap mundur dari polisi jika Partai Demokrat memilih saya sebagai cagub atau cawagub Jatim," jelasnya.

Baca juga: Daftar Cagub Jatim, Nurhayati Assegaf Mengaku Dapat Izin dari SBY

Mantan Kepala Biro Umum Sekretaris Militer Kepresidenan Mabes Polri itu mengaku lebih banyak bertugas di luar institusi Polri. Selama 17 tahun, pria yang memiliki brand politik "Gus Syaf" itu bertugas di lembaga kepresidenan.

Selain Syafiin, sejumlah tokoh yang juga mendaftar sebagai cagub/cawagub melalui Partai Demokrat adalah, Saifullah Yusuf (Wagub Jatim), La Nyalla Matalitti (Ketua Kadin Jatim), dan Nurwiyatno (Kepala Inspektorat Jatim), dan Nurhayati Assegaf (Wakil Ketua Umum Partai Demokrat).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com