Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Terkendala Visa, Ratusan Calhaj Asal Kediri Akhirnya Berangkat

Kompas.com - 28/07/2017, 13:41 WIB
M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Ratusan calon jemaah haji asal Kabupaten Kediri, Jawa Timur yang sempat gagal berangkat karena terkendala visa, akhirnya berangkat ke Tanah Suci, Jumat (28/2017)

pagi. Pemberangkatan terhadap 174 calon haji itu dilakukan di Pendopo komplek kantor Bupati Kediri yang ada di Jalan Soekarno Hatta untuk menuju asrama haji Sukolilo Surabaya. Di tempat ini juga mereka seharusnya berangkat pada Kamis (27/7/2017), kemarin.

Juru Bicara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Paulo Xemenes mengatakan, pemberangkatan itu dilakukan setelah pihaknya mendapatkan kepastian turunnya visa haji dari kedutaan Arab Saudi, sesuai informasi yang diterimanya dari kantor wilayah.

"Kemarin sore kami mendapat kabar kalau visa sudah turun," ujar Paulo di sela pemberangkatan haji, Jumat.

Baca juga: Sudah Datang Pakai Seragam, Calon Jemaah Haji Diberi Tahu Batal Berangkat  

Dia menambahkan, kasus tersebut merupakan peristiwa pertama yang terjadi di Kediri. Dia menyadari terjadinya peristiwa itu karena jemaah haji Kediri merupakan kelompok terbang pertama sekaligus rombongan awal yang masih memerlukan penyesuaian.

"Kediri masuk kloter 1, 2, dan 3. Tapi karena adanya kendala visa, kloter 3 berubah menjadi kloter 4," sebutnya.

Sementara itu, beberapa jemaah yang tertunda keberangkatannya itu sempat merasa kecewa bahkan juga sempat khawatir gagal berangkat.

Asmoro Bangun, putra dari calon jemaah haji Patonah (80), mengatakan, pihak keluarga kemarin sudah berangkat ke pendopo dengan segala persiapannya. Namun urung berangkat karena adanya penundaan itu.

" Kami kemarin sudah berombongan 2 mobil dan semua sudah siap akhirnya pulang lagi," ujarnya.

Keluarganya yang sempat panik bahkan mendatangi kantor Kemenag, akhirnya bisa merasa lega setelah kemarin sore mendapat kepastian pemberangkatan.

Kompas TV Sekitar 400 calon jemaah haji asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, menjalani vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com