Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerangka Manusia Tanpa Identitas Ditemukan di Bukit Butak Kebumen

Kompas.com - 27/07/2017, 22:31 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

KEBUMEN, KOMPAS.com - Warga Desa Kajoran, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah digegerkan dengan penemuan kerangka manusia tanpa identitas di sebuah bukit bernama Gunung Butak.

Kerangka yang belum diketahui jenis kelaminnya itu pertama kali ditemukan oleh Samiyo (32), warga desa setempat saat mencari rumput, Rabu (26/7/2017).

Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti mengaku masih menyelidiki kasus kerangka tersebut. Dia memperkirakan, mayat yang telah menjadi tulang belulang tersebut meninggal kurang lebih 3 bulan yang lalu.

Saat ditemukan, sambung Titi, kerangka sudah tidak lengkap. Berdasarkan data Inafis Polres Kebumen, yang ditemukan di TKP berupa tulang paha, tulang pinggul, tulang iga, tulang rahang, tulang belakang, rambut, tengkorak, dan robekan kaos yang dimungkinkan milik korban.

(Baca juga: Kerangka Manusia Raksasa Berusia 5.000 Tahun Ditemukan di China)

“Saat ditemukan sama sekali tidak ada tanda pengenal, hanya baju yang dikenakan. Itupun dalam keadan potongan kecil-kecil,” ujarnya.

Terkait dengan penyebab kematian, Kapolres juga belum dapat memastikan apakah ada unsur penganiayaan.

“Untuk lebih yakinnya, kami akan membawa kerangka itu ke Labfor RSCM untuk diselidiki,” katanya.

Sementara itu, warga Desa Kajoran sendiri memastikan jika kerangka manusia tersebut bukan merupakan warganya. Hal ini diungkapkan Samiyo (32), warga Kajoran sekaligus saksi pertama yang menemukan kerangka.

Menurut keterangan Samiyo, desanya merupakan satu-satunya akses yang bisa dilalui pengunjung jika hendak ke Bukit Butak. Selain itu, sampai sekarang, tidak ada warga desanya yang merasa kehilangan anggota keluarganya.

“Kemungkinan adalah orang luar desa kami. Bahkan, mereka yang akan ke Bukit Butak, pasti meminta ijin ke warga. Desa kami satu-satunya akses jalan menuju bukit Butak,” katanya.

Samiyo menambahkan, selama kurun waktu tiga bulan ini tidak ada satupun pengunjung di luar desa yang melapor ke warga akan mengunjungi Bukit Butak, tempat kerangka itu ditemukan.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang merasa kehilangan anggota keluarganya untuk melaporkan ke Polres Kebumen,” ujar Kapolres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com