Maksum Kakek Pengayuh Becak Akhirnya Akan Naik Haji - Kompas.com

Maksum Kakek Pengayuh Becak Akhirnya Akan Naik Haji

Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Kompas.com - 27/07/2017, 17:22 WIB
Maksum, tahun ini menunaikan ibadah haji setelah bertahun-tahun menabungKOMPAS.com/Achmad Faizal Maksum, tahun ini menunaikan ibadah haji setelah bertahun-tahun menabung

SURABAYA, KOMPAS.com - Kediaman Maksum (79) di Jalan Kapasan Samping Gang 3 Nomor 31 Surabaya terlihat ramai, Kamis (27/7/2017) siang. Malam nanti bakal ada acara syukuran dan pembacaan doa karena besok, pria penarik becak itu akan pergi ke Tanah Suci.

Sejak pagi hari, banyak kerabat dan tetangganya bertamu di rumahnya di gang sempit samping pusat perbelanjaan di Kelurahan Kapasan Kecamatan Simokerto.

Bertahun-tahun menyisihkan penghasilan sebagai tukang becak, akhirnya bapak 14 anak itu akan menyempurnakan rukun agamanya.

"Yang penting niatnya, sejak awal saya sudah berniat harus bisa naik haji meski saya hanya seorang tukang becak," katanya.

Maksum memantapkan niatnya berangkat ke tanah suci setelah sebagian besar putranya sudah berkeluarga. Isterinya juga sudah meninggal sejak 1996. Akhirnya pada awal 2010, dia mengungkapkan niatnya kepada Rusdi, menantunya agar dibukakan rekening tabungan haji.

(Baca juga: Berikhtiar sejak Muda, Buruh Tani Berusia 95 Tahun Akhirnya Berangkat Naik Haji)

Sejak saat itu, pengayuh becak yang kerap mangkal di depan pusat perbelanjaan ITC di Jalan Gembong Surabaya itu semakin giat bekerja.

"Tidak hanya bekerja saja, tapi juga berdoa," ucapnya.

Berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, Maksum bergabung dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Muhammadiyah Surabaya. Selama proses manasik, Maksum selalu hadir dengan membawa becaknya.

"Pak Maksum selalu membawa becaknya saat ikut manasik, beliau tidak pernah malu," kata Ali Fauzi, Sekretaris KBIH Muhammadiyah Surabaya.

Maksum tercatat dalam anggota kloter 6 jamaah haji yang akan diberangkatkan melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya, tahun ini.

Jumat besok, dia dan kelompoknya dijadwalkan sudah masuk ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Tahun ini, ada 36.644 calon jemaah haji yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Surabaya. Mereka terbagi dalam 83 kloter. Pemberangkatan sejak 28 Juli hingga 11 Agustus 2017.

Untuk kloter pertama calon jemaah haji berangkat berasal dari Kediri dengan jumlah sekitar 1.248 orang. Kemudian ditambah dengan dari calon jemaah haji asal Surabaya, sebanyak 87 orang. 

 

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Surabaya, Achmad Faizal
EditorCaroline Damanik

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM