Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cucu Main Lilin, Rumah Sumartinah Ludes Terbakar

Kompas.com - 27/07/2017, 07:38 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

AMBARAWA, KOMPAS.com - Sebuah rumah ludes terbakar di tengah permukiman padat penduduk di Lingkungan Garung RT 01 RW 06 Kelurahan Ngampin, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Rabu (26/7/2017) sekitar pukul 19.30 WIB.

Kepada Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang Tajudin Noor mengatakan, sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian.

"Rumah tersebut dihuni dua keluarga, ada 10 jiwa termasuk anak-anak yang tinggal di sana," kata Tajuddin dihubungi, Kamis (27/7/2017) dinihari.

Baca juga: Mobilnya Kebakaran, Keluarga Johan Batal Berwisata

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian yang dialami pemilik rumah ditaksir mencapai Rp 150 juta.  Penghuni rumah dievakuasi ke rumah tetangga yang paling dekat. Dugaan sementara, kebakaran berasal dari sebuah lilin.

"Ada cucu menyalakan lilin di kamar, lalu ditinggal melihat TV. Api lilin menjalar ke selimut dan tempat tidur, kemudian langsung membesar," ujarnya.

Sebelum petugas datang, warga dengan alat seadanya berusaha memadamkan api yang melumat rumah berukuran 6x9 meter milik Sumartinah (65) tersebut.

Petugas sendiri sempat kesulitan mendekati lokasi kejadian lantaran jalan yang terlalu sempit. Namun selang air mobil damkar masih dapat menjangkau ke titik api dengan leluasa.

Api benar-benar bisa dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB atau satu setengah jam kemudian dari kejadian.

Petugas pun melakukan upaya pendinginan, sebab beberapa kali api masih sempat menyala lagi karena hembusan angin.

Kompas TV Warga Dirawat Karena Sesak Napas Akibat Kabut Asap
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com