Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Lirik Keponakan Prabowo Subianto untuk Pilkada Jateng 2018

Kompas.com - 26/07/2017, 15:24 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - DPD Partai Gerindra Jawa Tengah telah menyiapkan lima nama untuk diusung dalam Pilkada Jateng 2018 mendatang.

Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro mengungkapkan, tiga di antara lima nama yang telah masuk ke radar Gerindra adalah calon internal.

"Dari radar kami ada tiga nama internal, pertama Haji Abdul Wahid, ketua DPD Gerindra Jawa Tengah; Rahayu Saraswati Djoyohadikusumo, anggota DPR RI Dapil IV, putrinya Pak Hasyim berarti ponakannya Pak Prabowo. Yang ketiga Feri Yuliyantono, Wakil Ketua Umum Gerindra Pusat asli Kudus," kata Sriyanto Saputro ditemui di sela acara istigasah kubro Forum Ulama Kabah (FUK) dan Silaturahmi Ulama-Umara di Gedung Korpri, Jalan Gatot Subroto, No 2A Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (26/7/2017) siang.

Baca juga: PDIP Buka Pendaftaran Pilkada Jateng, Ganjar Tunggu Sinyal

Selain ketiga kader partai tersebut, ada dua nama dari eksternal partai juga dilirik oleh Partai Gerindra untuk diusung dalam Pilkada Jateng 2018 mendatang. Keduanya adalah mantan Menteri ESDM Sudirman Said dan CEO Suara Merdeka Group Kukrit Suryowicaksono.

"Tiga nama internal dan dua dari luar kami persilakan untuk melakukan sosialisasi. Lha dari sini nanti tentunya akan kita lihat sejauh mana elektabilias dan popularitasnya. Makanya biar mereka melakukan sosialisasi," jelas Sriyanto yang juga ketua Desk Pilkada DPD Partai Gerindra Jateng ini.

Guna memuluskan kadernya maju ke Pilkada Jateng, Gerindra saat ini tengah membangun komunikasi dengan semua partai politik yang ada guna menjajaki kemungkinan untuk berkoalisi. Sebab, kata Sriyanto, dengan jumlah kursi yang hanya 11 di DPRD Jawa Tengah, mustahil partainya mengusung sendiri calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jateng mendatang.

"Kami sadar bahwa Gerindra baru 11 kursi, masih kurang 9 kursi. Makanya kita melakukan komunikasi politik dengan partai -partai lain. Tidak terbatas pada PKS, PAN, tapi semua kita komunikasikan," jelasnya.

Sriyanto tidak menampik bahwa kehadirannya dalam acara yang digelar oleh salah satu forum sayap PPP ini termasuk dalam upaya penjajakan menghadapi Pilkada Jateng.

Baca juga: Pilkada Jateng 2018, PKB "Pasarkan" Marwan Jafar ke Sejumlah Parpol

Seperti diketahui, FUK adalah salah satu forum yang dibentuk oleh PPP kubu Djan Faridz dengan ketuanya KH Wafi Maimun atau akrap dipanggil Gus Wafi.

"Saya denga Gus Wafi bersahabat sudah lama, komunikasi sudah cukup lama, tentunya ini sebagai etika politik. Tidak serta merta karena kepentingan Pilgub, tapi tentunya nanti ada rembuk-rembuk (diskusi)," ujarnya.

"Waktunya masih cukuplah untuk kami kami komunikasikan," katanya.

Kompas TV Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memastikan dirinya tidak masuk dalam bursa pemilihan Gubernur Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com