Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Kabupaten Sukabumi Sudah Diretas Empat Kali

Kompas.com - 26/07/2017, 10:24 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Sudah empat kali situs resmi Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat diretas hacker. Kali ini situs sukabumikab.go.id mulai diketahui tidak dapat diakses sejak Senin (24/7/2017) lalu.

Hingga Rabu (26/7/207) pagi situs yang menyampaikan berbagai informasi mengenai Kabupaten Sukabumi itu masih belum kembali normal.

"Ya sudah empat kali diretas," kata Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Sukabumi, Yudi Pancha Yoga saat dihubungi Kompas.com melalui telepon genggamnya, Rabu pagi.

Dia menuturkan, selama empat kali diretas baru saat ini peretas meminta tebusan uang untuk kembali membuka aksesnya. Sebelumnya hacker hanya bersifat mengganggu.

Baca juga: Retas Situs Pemkab Sukabumi, Hacker Minta Tebusan

"Sekarang juga sudah mulai ada titik terang dan bisa cepat kembali diakses," ujarnya

"Peretasan situs sebelumnya yang tiga kali itu juga dapat cepat ditanggulangi," tambah dia.

Yudi mengatakan, saat ini di lembaganya belum memiliki tenaga ahli dalam bidang yang menguasai web atau webmaster, hanya ada beberapa orang sarjana teknik informatika dan komputer.

"Ke depan mereka akan diikutkan ke pelatihan webmaster untuk bertanggung jawab masalah situs yang ada," tutur mantan Kabag Humas itu.

Baca juga: Umur 16 Tahun, Anak Tukang Ojek Jadi "Hacker"

Kompas TV Situs Telkomsel Diserang "Hacker"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com