Eksekusi Lahan Proyek Tol Ngawi-Kertosono Berlangsung Tanpa Perlawanan - Kompas.com

Eksekusi Lahan Proyek Tol Ngawi-Kertosono Berlangsung Tanpa Perlawanan

Kontributor Madiun, Muhlis Al Alawi
Kompas.com - 21/07/2017, 18:08 WIB
Alat berat exavator mengeksekusi lahan warga yang terkena dampak pembangunan jalan tol di Balerejo, Kabupaten Madiun, Jumat ( 21/7/2017) KOMPAS.com/Muhlis Al Alawi Alat berat exavator mengeksekusi lahan warga yang terkena dampak pembangunan jalan tol di Balerejo, Kabupaten Madiun, Jumat ( 21/7/2017)

MADIUN, KOMPAS.com - Tim Pengadilan Negeri Kabupaten Madiun mengeksekusi enam bidang lahan warga yang terdampak proyek jalan tol Ngawi-Kertosono. Eksekusi berlangsung tanpa perlawanan dari warga penggugat, Jumat ( 21/7/2017).

Pantauan Kompas.com, eksekusi lahan tol dikawal puluhan aparat keamanan. Saat juru sita membacakan putusan pengadilan hingga pelaksanaan eksekusi tak ada keributan atau perlawanan seperti yang dikhawatirkan sebelumnya.

Perwakilan Pengadaan Lahan Jalan Tol, Budi Santoso mengatakan, enam bidang tanah yang dieksekusi milik lima warga dengan total luas tanah mencapai 4.788 meter persegi.

"Jumlah lahan yang dieksekusi mencapai 4.788 meter persegi yang berada di Desa Warurejo dan Desa Kedung Jati, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun," tutur Budi.

(Baca juga: Pembebasan Tanah Proyek Tol Semarang-Batang Belum Selesai)

 

Sementara itu, juru sita dari Pengadilan Negeri Kabupaten Madiun, Hartono mengungkapkan, eksekusi merupakan tahap akhir dari proses ganti pembebasan lahan jalan tol.

Sebagai langkah akhir, pihaknya sudah menitipkan uang ganti rugi pembebasan tanah ke Pengadilan Negeri Kabupaten Madiun yang bisa diambil pemilik tanahnya.

Untuk diketahui, proses pembangunan fisik jalan tol Ngawi-Kertosono mengalami hambatan. Persoalan itu terjadi lantaran pemilik tanah yang lahannya digunakan jalan tol menggugat perdata terkait ganti rugi tanah.

PenulisKontributor Madiun, Muhlis Al Alawi
EditorReni Susanti
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM