Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berenang di Sungai, Wisatawan Kanada Terseret Arus hingga Pantai Baron

Kompas.com - 20/07/2017, 15:32 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Seorang wisatawan asing asal Kanada, George (64) terseret arus sungai hingga ke bawah tebing kawasan Pantai Baron, yang ada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, Kamis (20/7/2017).

Beruntung korban berhasil diselamatkan SAR.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul Marjono menyebutkan, peristiwa itu berawal saat George berenang di aliran sungai Pantai Baron sekitar pukul 09.30 WIB. Saat asyik berenang, korban tiba-tiba terseret arus sungai.

"Kemungkinan karena kecapekan korban terjatuh dan terseret arus sungai hingga ke tebing sebelah timur Pantai Baron," katanya saat dihubungi Kamis.

Saat itu, korban meminta tolong. Melihat kejadian tersebut anggota SAR yang berjaga di kawasan Pantai Baron langsung memberikan pertolongan dengan mengevakuasi korban ke pantai, dan dibawa ke Pos SAR Satlinmas.

Baca juga: Seorang Remaja Tewas Terseret Banjir Belitung

"Beruntung korban dapat kita selamatkan, meski mengalami sedikit shock dan pingsan," ucapnya.

Setelah mendapatkan pertolongan, korban yang datang ke pantai baron bersama salah seorang pemandunya langsung meninggalkan lokasi. "Tadi mau dibawa ke rumah sakit tidak mau, mereka langsung pulang," kata dia.

Marjono mengatakan, pihaknya sudah seringkali mengingatkan agar wisatawan untuk tidak mandi di pantai ataupun sungai yang bermuara di Pantai Baron. Namun wisatawan sering nekat.

"Kami sebenarnya terus melakukan himbauan baik melalui himbauan ataupun papan pengumuman. Namun wisatawan sering nekat," sebutnya.

Kompas TV Tujuh orang wisatawan terseret ombak besar saat mandi di Pantai Wotgalih, Lumajang, Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com