Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies: Ikan di Sini Enak Betul

Kompas.com - 19/07/2017, 15:52 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan memuji kelezatan olahan ikan dari hasil budidaya petani Kwarasan, Nogotirto, Gamping, Sleman.

Anies menyebutkan, masakan ikan yang enak di Jakarta juga banyak, hanya bahan baku yang segar kurang.

Usai secara simbolis memanen padi dan ikan di area persawahan Kwarasan, Nogotirto, Gamping, Sleman, Anies menyempatkan untuk makan pagi dengan menu hasil pertanian dan perikanan setempat.

Anies menyantap makan pagi dengan lesehan bersama petani, tokoh masyarakat, akademisi, budayawan dan para mahasiswa.

"Ini barusan makan enak," ujar Anies dalam dialog kerakyatan usai menyantap makan pagi hasil pertanian dan perikanan petani di Kwarasan, Nogotirto, Gamping, Sleman, Rabu (19/7/2017).

(Baca juga: Anies Juga Belajar Tata Kelola Pemerintahan ke Sri Sultan HB X)

Anies pun melontarkan pertanyaan kepada para tokoh masyarakat, akademisi, budayawan, para mahasiswa dan masyarakat Jakarta yang datang dalam dialog kerakyatan.

Anies bertanya mengenai rasa dari olahan ikan hasil budidaya para petani di Kwarasan, Nogotirto, Gamping, Sleman.

"Tadi saya lihat ikan di sini dan setelah mencoba, enak betul. Sudah dicicipi tadi, ada yang merasa enggak enak enggak tadi? Pasti enak," ujarnya.

Menurut dia, faktor kelezatan masakan dipengaruhi bahan baku yang masih segar dan cara memasak yang benar.

"Nah, di Jakarta yang masaknya bener banyak, tetapi ikan segarnya yang sulit. Karena itu saya kesini untuk mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan mendapatkan potensi kerja sama dengan Sleman," tandasnya.

Kedatangannya ke Sleman, lanjut dia, selain untuk bersilaturahim dan belajar adalah pulang kampung. Sebab Anies merupakan warga Sleman tinggal di Jalan Kaliurang Km 5, Sleman.

"Betapa nikmatnya pulang dan berada di sini. Air melimpah, jernih, bersih, udara yang bersih, tanah yang subur. Mudah-mudahan karunia ini bisa dimanfaatkan yang sebesar-besarnya, memberikan manfaat bagi warga Sleman dan daerah lain," tandasnya.

Menurut dia. kebutuhan komoditas di Jakarta sangat besar sehingga jika nantinya suplai dari Kabupaten Sleman cukup bisa bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan di Jakarta.

"Kalau yang Jakarta kebutuhannya tinggi sekali, kalau suplai di sini cukup nanti dibangunkan pasarnya, Insya Allah keberkahan yang dilimpahkan ke Sleman akan bisa memberikan manfaat bagi kita yang berada ada di ibukota," pungkasnya.

 

Kompas TV Anies Temui Novel Baswedan di Singapura
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com