Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiap Rabu, Jamaah Masjid Babussalam Banyuwangi Dapat Makan Siang Gratis

Kompas.com - 19/07/2017, 15:11 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Setiap hari Rabu, jamaah Masjid Babussalam bisa menikmati makan siang gratis. Tak tanggung-tanggung, nasi kotak yang disediakan minimal 200 porsi.

Nasi kotak tersebut dibagikan kepada jamaah yang mayoritas pegawai di lingkungan Pemkab Banyuwangi. Mereka kemudian menikmati makan siang bersama setelah menunaikan sholat Dhuhur.

Tradisi makan siang untuk jamaah sholat Dzuhur ini sudah berlangsung sejak 2013 lalu. Program ini diinisiasi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

"Makan siang bersama setiap Rabu memang sudah cukup lama dilaksanakan. Ya tujuannya memang untuk menjaga silaturahmi dan juga reward untuk pegawai Pemkab yang shalat berjamaah saat Dzuhur," ujar Djuang Pribadi, Kabag Humas Protokol Pemkab Banyuwangi kepada Kompas.com, Rabu (19/7/2017).

(Baca juga: Di Kendal, Ada SMP yang Memberi Makan Gratis untuk Peserta UNBK)

 

Makan siang gratis ini diberikan pada seluruh jamaah Masjid Babussalam. "Ada beberapa masyarakat yang kadang shalat Dzuhur di sini dan semua jamaah dapat jatah makan siang semuanya. Tanpa terkecuali," tambah Djuang.

Untuk menu yang disajikan, sambung Djuang, berganti-ganti tiap pekannya, seperti nasi campur, rujak, gado-gado, nasi pecel, atau nasi kuning. Contohnya, Rabu (19/7/2017), menu yang disajikan adalah nasi campur dengan lauk ayam dan daging.

Dedi warga Rogojampi yang ikut shalat berjamaah di Masjid Babussalam mengaku tidak menyangka dapat makan siang gratis setelah sholat Dzuhur. Saat itu, kebetulan ia sedang melintas di depan kantor Pemda Banyuwangi saat adzan Dzuhur berkumandang.

"Ini namanya nasi berkah. Rezeki di hari Rabu. Habis shalat Dzuhur langsung makan siang gratis. Alhamdulilah," ucapnya sambil menyantap makan siangnya dengan lahap. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com