Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Bakal Tiru DIY Tata Permukiman tanpa Penggusuran

Kompas.com - 19/07/2017, 07:43 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan, mengatakan, pertemuannya dengan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan HB X, selain meminta doa dan restu Sultan sebelum pelantikan, juga untuk mendiskusikan beberapa hal.

"Saya tumbuh dan besar di Yogyakarta dan dapat tugas di DKI. Kedatangan saya untuk silaturahmi dengan Sultan, tentu mohon doa restunya dan mendiskuikan hal-hal yang bisa menjadi pelajaran sebagai orang yang bertugas baru," kata Anies seusai bertemu dengan Sultan, Rabu (19/7/2017) dini hari.

Baca juga: Belajar Penataan Sungai, Anies Bakal Kunjungi Sungai di Yogyakarta

Menurut Anies, Sultan merupakan sosok gubernur yang memiliki pengalaman banyak di antara gubernur yang ada di Indonesia, mengingat masa jabatannya lebih dari 15 tahun.

Ia mengaku, mendapatkan pelajaran berharga soal tata kelola pemerintahan yang diterapkan Sultan di DIY.

"Kami tadi diskusi juga soal jaga warga, diskusi soal partisipasi warga, bicara juga pengelolaan uang, pengaturan pusat dengan daerah. Banyak hal yang terkait soal tata kelola pemerintah yang tadi kami diskusikan sama-sama," ucap Anies.

Dari hasil diskusi itu, Anies mengaku akan meniru cara tata kelola pemerintah yang sudah dilakukan pemerintahan di DIY untuk diterapkan di DKI Jakarta. Salah satunya adalah membangun partisipasi warga dalam menata permukiman di bantaran sungai dan pengelolaan sungai sehingga tidak ada proses penggusuran.

"Yogyakarta ini sebagai contoh dan saya akan kunjungi tempat yang terkait," ucap Anies.

Sungai Winongo disebut-sebut satu-satunya sungai di Kota Yogyakarta yang penataannya dilakukan masyarakat sendiri.

Di sepanjang Sungai Winongo terdapat komunitas yang anggotanya adalah masyarakat sekitar. Mereka menata Sungai Winongo dengan cara yang berbeda. Itu mengapa Anies juga juga akan membuka ruang kepada warga untuk terlibat dalam penataan permukiman di bantaran sungai dan pengelolaan sungai di DKI. Sebab, menurutnya, hal tersebut sudah dilakukan di Kota Yogyakarta.

"Pemerintah yang beri fasilitas tapi pendekatan dilakukan warga sendiri," kata Anies.

Ia mengaku akan mengunjungi Sungai Winongo, Kecamatan Ngampilan, Kota Yogyakarta, pada Rabu (19/7/2017).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pertemuan antara Anies dan Sultan berlangsung pukul 20.30 WIB hingga pukul 00.15 WIB. Anies sempat diantar Sultan ke pintu keluar sebelum meninggalkan kediaman Sultan.

Baca juga: Anies Bawesdan Temui Sri Sultan HB X di Keraton

Menurut Anies, pertemuan tersebut bukan yang pertama kalinya.

"Bagi saya pribadi diskusi dengan Sultan ini bukan hal baru, ngobrol berdua itu sudah saya lakukan sejak kelas tiga SMA, masa kuiah juga sering, dan malam ini bagian silaturahmi yang sudah terbangun sejak lama itu," kata dia.

Kompas TV Tumpukan Sampah Tutup Arus Sungai di Banjarmasin
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com