Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Gagalkan Penyelundupan Sosis Ilegal Asal Malaysia

Kompas.com - 18/07/2017, 13:31 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

BENGKAYANG, KOMPAS.com - Polres Bengkayang menggagalkan upaya penyelundupan ratusan kotak bahan makanan jenis sosis dari Malaysia di Dusun Take, Desa Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Senin (17/7/2017) sekitar pukul 13.30 WIB.

Kasat Reskrim Polres Bengkayang, AKP Novrial Alberti Kombo mengungkapkan, dalam menjalankan aksinya, pelaku berinisial RP membawa barang-barang yang dibeli dari wilayah Serikin, negara bagian Sarawak, Malaysia tersebut dengan Kijang Innova.

 

Saat pelaku membawa barang tersebut, polisi dari Polsek Jagoi Babang menghentikan kendaraan yang digunakan RP dan memeriksa barang bawaannya.

"Saat dilakukan pengecekan, ternyata pelaku membawa sosis yang diduga dari Malaysia tanpa dilengkapi kartu izin lintas batas untuk membawa barang tersebut," ujar Kombo, Selasa (18/7/2017) siang.

Kombo menambahkan, berdasarkan keterangan RP, sosis tersebut rencananya akan dijual ke daerah Sambas dan Singkawang. "Sejauh ini pelaku mengaku sudah empat kali membawa barang-barang dari Malaysia secara ilegal tanpa dilengkapi dokumen yang sah," tuturnya.

(Baca juga: Sejak Januari 2017, 4.863 TKI Ilegal Dideportasi dari Malaysia)

 

Saat ini pelaku bersama barang bukti masih diamankan di Mapolres Bengkayang untuk proses hukum selanjutnya. Dari pelaku, polisi mengamankan 160 kotak sosis buatan Malaysia dengan rincian 25 kotak sosis Ayam Madu dan 135 sosis Ayam Bakar.

Kompas TV Ribuan butir obat terlarang disita dari rumah indekos di Cirebon, Jawa Barat. Sayangnya, barang ilegal ini tidak diketahui pemiliknya yang diduga akibat kabar razia sudah bocor lebih dulu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com