Fraksi Partai Golkar Rekomendasikan Khofifah Jadi Cagub Jawa Timur - Kompas.com

Fraksi Partai Golkar Rekomendasikan Khofifah Jadi Cagub Jawa Timur

Kontributor Malang, Andi Hartik
Kompas.com - 17/07/2017, 21:02 WIB
Ketua Departemen Pemenangan Pemilu Jawa Timur DPP Partai Golkar, Ridwan Hisjam usai menghadiri acara Permodalan dan Pengelolaan Keuangan Syariah UKM Kretif oleh Badan Ekonomi Kreatif di Kota Malang, Senin (17/7/2017).KOMPAS.com / Andi Hartik Ketua Departemen Pemenangan Pemilu Jawa Timur DPP Partai Golkar, Ridwan Hisjam usai menghadiri acara Permodalan dan Pengelolaan Keuangan Syariah UKM Kretif oleh Badan Ekonomi Kreatif di Kota Malang, Senin (17/7/2017).

MALANG, KOMPAS.com - Dewan Pengurus Pusat Partai Golkar belum menentukan arah dukungannya untuk Pilkada Jawa Timur 2018 mendatang. Namun demikian, sejumlah anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang berasal dari daerah pemilihan di Jawa Timur sudah mengajukan Khofifah Indar Parawansa untuk diusung sebagai calon gubernur.

"Di dalam rekomendasi dari Fraksi Partai Golkar Hubda Jatim, anggota DPR Fraksi Golkar dari Jawa Timur sudah merekomendasikan bahwa kita memberikan dukungan kepada Ibu Khofifah. Terus wakilnya kita minta dari kader Partai Golkar," kata Ketua Departemen Pemenangan Pemilu Jawa Timur DPP Partai Golkar, Ridwan Hisjam usai menghadiri acara Permodalan dan Pengelolaan Keuangan Syariah UKM Kretif oleh Badan Ekonomi Kreatif di Kota Malang, Senin (17/7/2017).

Namun demikian, rekomendasi terhadap Menteri Sosial itu masih sebatas usulan. Hingga saat ini, DPP Partai Golkar masih mempertimbangkan figur yang akan diusungnya.

 

Baca juga: Survei Pilkada Jatim: Khofifah Lebih Populer daripada Gus Ipul

Ada tiga nama yang diperhitungkan Partai Golkar untuk diusung sebagai calon gubernur. Selain Khofifah, ada Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

"Masih yang tertinggi tiga nama. Saifullah Yusuf, kedua Ibu Risma dan yang ketiga Ibu Khofifah. Kalau dibawahnya ada tapi kecil - kecil," jelasnya.

Ada tiga skema politik yang disiapkan Partai Golkar dalam menghadapi Pilkada Jawa Timur. Pertama, Golkar akan berkoalisi dengan partai lain untuk memenangkan satu pasangan calon.

Kedua, Golkar akan memberikan dukungan terhadap pasangan calon.

Sementara yang ketiga, Golkar akan membangun koalisi baru jika pasangan calon yang sudah ada tidak memiliki kesamaan visi dengan Golkar.

"Ini sudah menjadi keputusan di dalam rapat. Golkar berkoalisi untuk menang. Golkar memberikan dukungan supaya menang. Kalau dua - dua ini ternyata tidak deal, kita maju sendiri," ujarnya.

Diketahui, sampai sejauh ini masih Saifullah Yusuf yang memastikan diri untuk maju sebagai calon gubernur.

Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu sudah mendapat dukungan dari PKB.

Nama lainnya, yakni Tri Rismaharini sudah menyatakan diri untuk tidak maju. Sedangkan Khofifah Indar Parawansa menyebut masih chek shound.

Baca juga: Menakar Duet Gus Ipul-Risma di Pilkada Jatim 2018

Kompas TV Dukungan untuk wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf mengalir dari partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Malang, Andi Hartik
EditorErlangga Djumena
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM