Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan Kapal Terbakar, Bupati Pati Minta Perbaikan Kapal di Bengkel

Kompas.com - 17/07/2017, 16:38 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

PATI, KOMPAS.com - Dua kali insiden kebakaran kapal di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah memicu reaksi dari Bupati Pati Haryanto. Orang nomor satu di Pati itu meminta kepada pemilik kapal berukuran besar supaya berkenan melakukan perbaikan kapal di lokasi yang memadai.

"Untuk mengantisipasi kebakaran kapal, jika perbaikan harus di dock kapal atau bengkel kapal. Ada profesional yang menangani perbaikan kapal. Sudah ada dock kapal meski terbatas," kata Haryanto kepada Kompas.com, Senin (17/7/2017).

Menurut dia, dua kali kasus kebakaran kapal dalam kurun sebulan lebih ini di wilayahnya terjadi karena faktor yang serupa. 

"Adanya aktivitas pengelasan untuk perbaikan kapal. Pengelasan menyulut bahan bakar kapal dan terjadi kebakaran. Jadi saya minta perbaikan sebaiknya di dock kapal," kata Haryanto.

Baca juga: Sulit Dipadamkan, Kebakaran Kapal di Juwana Berlangsung Lama

Seperti diberitakan, kebakaran hebat di utara pulau seprapat itu telah meluluhlantahkan belasan kapal berukuran di bawah 100 Gross Ton (GT) tersebut. Tiga orang diketahui mengalami luka bakar serius.

Kendaraan damkar tidak bisa menuju lokasi kebakaran karena tidak ada akses jalan. Warga dan petugas pun terpaksa menghentikan upaya pemadaman manual yang dilakukan karena dikhawatirkan terjadi ledakan.

Mereka pun akhirnya hanya bisa memantau material kapal ludes dengan sendirinya.

Kebakaran yang terjadi pada Sabtu (15/7/2017) siang itu berangsur padam pada Minggu (16/7/2017).

Kompas TV Patroli laut pun diminta membantu pemadaman.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com