Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Cawagub Jatim, Bupati Anas Ungguli La Nyalla dan Imam Nahrawi

Kompas.com - 13/07/2017, 12:52 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mencatat skor tertinggi dari nama-nama tokoh yang diajukan sebagai calon wakil gubernur Jatim dalam survei Pilkada Jatim oleh Surabaya Survey Center (SSC) sepanjang Juni 2017.

Elektabilitas Anas mencapai 12,90 persen, mengungguli sejumlah tokoh lain seperti Kusnadi (Ketua PDI-P Jatim) 7,5 persen, La Nyalla Mattilitti (Ketua Kadin Jatim) 7,4 persen.

Lalu Halim Iskandar (Ketua DPRD Jatim) 6 persen, Imam Nahrawi (Menpora) 5,8 persen, dan Nurhayati Assegaf (Waketum Demokrat) 5,5 persen. Adapun nama lainnya berada di level 4 persen ke bawah.

Direktur SSC Mochtar W Oetomo mengatakan, nama Anas muncul menjadi kandidat cawagub paling diinginkan publik karena dikenal sebagai bupati yang berprestasi dan inovatif. "Bupati Anas dikenal banyak melakukan terobosan," ujarnya, Rabu (12/7/2017).

(Baca juga: Survei Pilkada Jatim: Khofifah Lebih Populer daripada Gus Ipul)

 

Pakar Komunikasi Politik Universitas Negeri Airlangga Surabaya, Suko Widodo menanggapi positif hasil survei tersebut. Survei itu menunjukkan publik Jatim semakin menjadikan kinerja sebagai dasar untuk menentukan pilihan.

"Kriteria ini penting untuk didorong agar kontestasi Pilgub Jatim tidak melulu bersandar pada popularitas dan elektabilitas," terangnya, Kamis (13/7/2017).

Akan lebih bagus lagi, menurut dia, figur pasangan yang memiliki perpaduan populer, pekerja keras, dan inovatif. "Jika pekerja keras menjadi acuan, maka hasil kerjanya harus lebih diekspose ke publik," tuturnya.

Dalam hasil survei yang digelar bulan Juni di 38 kabupaten dan kota se-Jatim kepada 800 responden calon pemilih itu, Risma memimpin perolehan survei figur paling disuka atau akseptabilitas dengan perolehan 75,8 persen dukungan.

(Baca juga: Ditanya Kapan Daftar Pilkada Jatim, Khofifah Bilang Masih Check Sound)

 

Sementara Gus Ipul mendapat 75,5 persen dukungan, disusul Khofifah dengan 67,9 persen dukungan. Adapun dalam hal elektabilitas atau keterpilihan, Gus Ipul tertinggi dengan 26,6 persen, Risma dengan 24,1 persen, dan Khofifah dengan 16,8 persen. 

Kompas TV Dukungan untuk wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf mengalir dari partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com