Terduga Teroris Buah Batu Pernah Mencoba Ledakkan Bom 1,5 Kg di Restoran - Kompas.com

Terduga Teroris Buah Batu Pernah Mencoba Ledakkan Bom 1,5 Kg di Restoran

Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana
Kompas.com - 12/07/2017, 19:52 WIB
Polisi melakukan olah TKP rumah ter‎duga pemilik bom panci ‎Agus Wiguna (22) y‎ang meledak di rumah kontrakannya di Kampung Kubang Bereum RT 7 RW 11 Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, Sabtu (8/7/2017) ‎sekitar pukul 15.30 WIB. KOMPAS.com/PUTRA PRIMA PERDANA Polisi melakukan olah TKP rumah ter‎duga pemilik bom panci ‎Agus Wiguna (22) y‎ang meledak di rumah kontrakannya di Kampung Kubang Bereum RT 7 RW 11 Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, Sabtu (8/7/2017) ‎sekitar pukul 15.30 WIB. 

BANDUNG, KOMPAS.com - Terduga teroris yang terlibat dalam ledakan bom panci di daerah Buah Batu, Kota  Bandung, Sabtu (18/7/2017) lalu telah ditangkap Densus 88 dalam kurun waktu 3 hari pasca ledakan. Total 3 orang terduga teroris berhasil diamankan yakni Agus Wiguna, Kodar bin Rodi dan Ade Arif Suryana. 

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, ketiga terduga teroris tersebut diketahui sel baru jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD). 

"Mereka ini sel-sel baru JAD. Mereka belajar membuat bom dari internet," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus seusai penggeledahan rumah kontrakan Ade Arif Suryana ?di Perumahan Cibolerang Blok C 49 RT 04 RW 04,  Kelurahan Margahayu Utara Kecamatan Babakanciparay, Kota Bandung, Rabu (12/7/2017). 

Baca juga: Geledah Rumah Terduga Teroris, Polisi Temukan Bahan Baku Bom Panci

Lebih lanjut Yusri menambahkan, para terduga teroris tersebut pernah membuat bom seberat 1,5 kilogram dan mencoba untuk diledakkan di salah satu restoran di daerah Astana Anyar, Kota Bandung. 

"Pada bulan Mei 2017 lalu mereka akan meledakan satu restoranan di Astana Anyar. Alhamdulillah bom tersebut tidak meledak. 1,5 kilogram itu bisa meruntuhkan gedung," ujar Yusri.

Kemudian, para terduga teroris kembali membuat bom panci seberat 90 miligram tiga hari sebelum ledakan Sabtu lalu.

"Gagal juga kemudian bomnya mereka buang di sungai depan kontrakan Agus," tuturnya. 

Yusri menjelaskan, seluruh bom dirakit oleh ketiga terduga teroris di rumah kontrakan Agus Wiguna di Sekejati, Buah Batu, Kota Bandung. 

Adapun peran dari Ade Arif Suryana yang ditangkap pada Selasa (11/7/2017) malam kemarin adalah orang yang merencanakan peledakan serta turut membuat bom panci dengan kedua terduga teroris lainnya.

Baca juga: Satu Lagi Terduga Teroris Terkait Bom Panci Bandung Ditangkap

Kompas TV Pelaku Bom Panci Termasuk “Lone Wolf” Simpatisan ISIS

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Bandung, Putra Prima Perdana
EditorErlangga Djumena
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM