Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Goda Warga yang Cium Hidungnya dan Dapat Sepeda

Kompas.com - 12/07/2017, 16:03 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

TAMBOLAKA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan menghadiri Festival Tenun Ikat dan Parade Kuda Sandalwood di Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (12/7/2017).

Saat memberikan sambutan dalam kegiatan itu, Jokowi sempat meminta warga untuk cium hidung (cium hidung bagi masyarakat SBD merupakan budaya).

"Di sini (Sumba Barat Daya) ada budaya cium hidung, tadi waktu saya ketemu dengan bupati (SBD), dia bilang pak cium hidung dulu dan saya belum sambung."

"Setelah dijelaskan bahwa di sini itu budaya cium hidung adalah simbol nafas kehidupan, sehingga saya pun paham. Coba di sana ada yang mau cium hidung ke sini satu (orang) saja," kata Jokowi sambil menunjuk ke arah warga di depan panggung.

Baca: Tiba di Sumba Barat Daya, Jokowi Disambut Secara Adat

Salah seorang bernama Marthen Luter Mila, yang ternyata adalah Kepala Desa di wilayah SBD, maju ke atas panggung dan menuju Jokowi dan langsung mencium hidung sang presiden. Di hadapan Jokowi, Marthen mengaku senang bisa bertemu sekaligus mencium hidung Jokowi.

"Kami khususnya masyarakat Sumba merasa bangga dengan kehadiran Bapak dan memperhatikan kami di sini. Saya juga merasa bangga mencium hidung Bapak Jokowi," kata Marthen yang disambut tawa oleh para peserta yang hadir.

Baca: Terbang Ke Sumba, Jokowi Hadiri Parade Kuda dan Festival Tenun

Setelah itu, Jokowi menanyakan penggunaan dana desa yang dikelola oleh Marthen dan stafnya. Setelah dijawab oleh Marthen, Jokowi kembali bertanya soal nama enam suku yang ada di Indonesia.

Pertanyaan Jokowi pun dijawab oleh Marthen dengan benar sehingga diberi hadiah satu unit sepeda. Sebelum turun dari atas panggung, Marthen meminta foto dengan Jokowi dan kembali mencium hidung Jokowi.

"Dapat cium hidung Presiden, dapat sepeda lagi. Mimpi apa semalam," kata Jokowi yang disambut ketawa semua peserta yang hadir.

Setelah memberikan hadiah kepada Marthen, Jokowi kembali meminta seorang warga yang mengenakan pakaian adat mirip seperti yang ia kenakan untuk naik ke panggung dan menjawab pertanyaan Jokowi.

Kali ini warga yang naik ke atas panggung yakni Florensius Todo yang juga adalah Kepala Desa Wotakawula.

Saat berada di atas panggung Florensius pun mencium hidung Jokowi dan menjawab pertanyaan Jokowi tentang nama tujuh pulau di Indonesia. Setelah menjawab pertanyaan Jokowi dengan benar, Florensius pun mendapat hadiah sepeda.

Usai memberikan sambutan dan membuka kegiatan festival itu, Jokowi lalu meninjau tenun yang diikuti oleh ribuan peserta dan melihat pameran Dekranasda NTT.

Selanjutnya Jokowi bersama rombongan langsung menuju Bandara Tambolaka dan terbang dengan pesawat kepresidenan menuju Makassar, Sulawesi Selatan.

Kompas TV Presiden berkeliling Kota Solo sambil bagi-bagi bingkisan kepada warga di jalan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com