Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Lagi Terduga Teroris Terkait Bom Panci Bandung Ditangkap

Kompas.com - 12/07/2017, 13:39 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Seorang terduga teroris kembali ditangkap Densus 88, Selasa (11/7/2017) malam.

Seorang pria berinisial A ditangkap karena diduga terkait dengan pemilik bom panci Agus Wiguna (22) yang meledak di rumah kontrakan miliknya, Jalan Kubang Bereum, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, Sabtu (8/7/2017). 

Sebelum A ditangkap, seorang terduga teroris lainnya yang berinisial QO juga ditangkap di Tasikmalaya pada hari yang sama. 

"A ini diamankan di wilayah Kota Bandung, tadi malam," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus, Rabu (12/7/2017). 

(Baca juga: Kesalahan Teknis, Bom Panci di Bandung Meledak Tak Sesuai Rencana)

Yusri menambahkan, hingga saat ini, polisi masih menyelidiki peran dari A dalam hubungannya dengan Agus Wiguna. Sementara itu, terduga teroris QO diketahui sebagai teman dekat AW. 

"Yang kami amankan di Tasikmalaya kemarin, dia dari awal sudah mengetahui bahwa AW belajar merakit bom panci dan tahu mengenai rencana peledakkan bom beberapa tempat di Kota Bandung," ungkapnya.

AW bersama dua orang lainnya yang berhasil diamankan Tim Densus 88 menurut Yusri adalah cikal bakal sel baru Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di Bandung. Ketiganya tidak memiliki hubungan dengan peristiwa bom Cicendo.

"Jadi memang berbeda dengan JAD Bandung Raya seperti kasus teror bom Cicendo kemarin. Kalau mereka ini masih belajar dengan menggunakan internet, menanamkan doktrin kebencian sendiri hingga merakit bom juga belajar sendirian," pungkasnya.

 

Kompas TV Polisi Selidiki Motif Perakit Bom Panci
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com