Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswi SMK Ini Memiliki Nama Hanya Satu Huruf "N"

Kompas.com - 09/07/2017, 11:39 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Apalah arti sebuah nama, mungkin itu yang ada di benak orangtua N (16), warga desa Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Putri ketiga pasangan Wahyu Sih Nugroho (51) dan Sukarti (48), ini melengkapi daftar nama-nama unik di Indonesia yang sempat mencuat beberapa waktu lalu.

Baca juga: 9 Nama Unik di Indonesia, dari "Tuhan", "Y" hingga "Andy Go To School"

Menurut N, dirinya tak mengetahui alasan pasti orangtuanya menamai dirinya sangat pendek. Sedangkan kedua kakaknya, Puji Lestari (29) dan Jarot (20), memiliki nama yang normal sebagaimana umumnya.

"Saya anak ketiga, tidak tahu alasannya apa (diberi nama N)," katanya ditemui di sela-sela pengumuman dan pendaftaran ulang siswa baru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) 1 Bantul, Sabtu (8/7/2017).

Gadis ini mengaku tak memiliki hambatan meski memiliki nama satu huruf. Pun saat dirinya lulus dari SMPN 2 Sewon dan mendaftar di jurusan akuntasi SMKN 1 Bantul, nama tersebut tak menjadi ganjalan.

Tak ada halangan berarti karena namanya sesuai yang tertera di akta kelahirannya.

Gadis N yang pada lahir 15 November 2001 pun tak pernah diejek atau mendapatkan bully oleh tetangga dan temannya. Namun, diakuinya banyak teman barunya kaget dengan nama singkatnya, hingga beberapa orang sempat tak percaya. Bahkan, beberapa orang memilih bertanya langsung ke orangtua N untuk memastikan kebenaran nama perempuan tersebut.

"Biasanya saat kenalan pada tidak percaya, tetapi setelah kenal baru percaya," ucapnya.

Spontanitas

Orangtua N, Wahyu Sih Nugroho mengaku memberi nama N hanya spontanitas. N yang lahir pada bulan November kebetulan juga bertepatan dengan bulan kelahirannya. Maka ia pun membutuskan beri nama putrinya dengan mengambil huruf depan bulan tersebut.

Nama unik tersebut dia putuskan setelah 5 hari setelah kelahiran putrinya. Tepat saat tali pusarnya putus.

"Kebetulan karena lahir pada Bulan November, makanya saya ambilkan huruf depan bulan itu, lalu saya kasih nama N," ucapnya.

Baca juga: Punya Nama Unik, Slamet Hari Natal Sering Kesulitan Urus Administrasi

Selain itu, sudah banyak nama yang cukup panjang di antara anak tetangganya. Bahkan, tak jarang ikut tren sinetron.

"Saya ngasih nama N hanya spontanitas, dan inisiatif saya sendiri. Kalau orang Jawa itu biasanya ada nama orangtua. Kalau saya enggak," imbuh dia.

Kompas TV Kuliner Unik Bakso Beranak dalam Sumur
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com