Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Pengsian BBM SPBU Keluarkan Asap, Seorang Pegawai Terluka Bakar

Kompas.com - 07/07/2017, 14:52 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Salah satu mesin pom bensin di SPBU Ngabean, Kartasura, tiba-tiba mengeluarkan percikan api, Jumat siang (7/7/2017).

Percikan api keluar dari mesin pengisian Pertilite dan menyemburkan asap putih. Pegawai segera mengambil alat pemadam kebakaran untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Kebakaran nyaris terjadi di SPBU Ngabean Kartasura setelah salah satu mesin pompa pengisian bahan bakar di sisi timur mengeluarkan asap berwarna putih pekat. Asap putih tersebut cukup membuat para pegawai dan warga yang akan mengisi bensin panik dan berlarian menjauhi lokasi SPBU.

Baca juga: SPBU Mini Terbakar, 4 Ruko di Pasar Sugihan Ponorogo Ludes

Irawan, pengelola SPBU Ngabyean, menjelaskan, asap putih keluar saat salah satu pegawainya sedang melakukan perbaikan di salah satu mesin pengisian.

"Tadi pas ada perbaikan penyangga mesin pengisian, pas dibor tiba-tiba keluar asap. Jadi bukan kebocoran," kata Irawan, Jumat.

Irawan menambahkan, pegawai SPBU segera menyemprotkan alat pemadam kebakaran untuk mencegah kebakaran.

Sementara itu, salah satu petugas pemadam kebakaran dari Kota Solo, Surataman, menjelaskan, penyebab kerusakan mesin masih belum diketahui.

"Tadi ada laporan masuk dan tim segera meluncur ke lokasi. Salah satu mesin mengeluarkan asap putih dan sudah dikendalikan oleh pegawai SPBU," kata Surataman di lokasi kejadian.

Kapolsek Kartasura, AKP Demian Palulungan, mengatakan, petugas SPBU segera menelepon Dinas Pemadam Kebakaran setelah melihat asap keluar dari salah satu mesin pengisian.

"Teknisi SPBU sedang melakukan perbaikan saluran pipa di salah satu mesin, ketika mau pasang baut dengan bor terjadi percikan dan terbakar," kata Kapolsek, Jumat.

Baca juga: Baru Isi BBM, Suzuki Carry yang Dimodifikasi Meledak di SPBU

Menurut Kapolsek, salah satu pegawai, Istanto, mengalami luka bakar ringan di wajah akibat peristiwa tersebut. Pihak pengelola SPBU untuk sementara akan memperbaiki mesin yang rusak tersebut.

Kompas TV Pasca-ledakan SPBU di Maros, Sulawesi Selatan, pada Selasa malam (7/3), polisi dan Tim Basarnas melakukan olah tempat kejadian perkara di lokasi untuk mencari tahu penyebabnya. Polisi langsung melakukan olah TKP dan mengumpulkan beberapa barang bukti di lokasi kejadian. Sementara, Tim Basarnas mengecek tangki yang menjadi sumber ledakan. Dari hasil pengecekan diketahui tangki dalam kondisi kosong saat peristiwa ledakan terjadi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com