Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Korban Pesawat AMA yang Jatuh di Wamena Sudah Dievakuasi

Kompas.com - 07/07/2017, 00:03 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Lima penumpang pesawat Association Mission Aviation (AMA) berhasil dievakuasi tim gabungan dalam kondisi meninggal dunia. Pesawat tersebut sebelumnya jatuh di Gunung Napua, Kampung Walaik, Wamena, Papua, Rabu (5/7/2017).

"Proses evakuasi korban pesawat yang hilang di Wamena sudah selesai. Semuanya (korban) meninggal dunia," kata Direktur Operasi dan Latihan Basarnas, Brigjen (Mar) Ivan Ahmad Riski Titus, di sela-sela evakuasi bangkai Helikopter Basarnas di Kabupaten Temanggung, Kamis (6/7/2017).

Ivan mengatakan, jenazah pilot Wouter Moulders dan kopilot Wido Naibaho sudah dibawa ke Bandara Sentani untuk kemudian diantar ke rumah duka masing-masing. Untuk pilot Wouter ke Sentani dan kopilot Wido Naibaho ke Klaten, Jawa Tengah.

Tiga korban lainnya atas nama Don, Sarabut, dan Ondomget. Mereka warga setempat dan akan diserahkan ke pihak keluarga.

(Baca juga: Pesawat Hilang Kontak di Wamena 10 Menit Setelah Terbang)

"Untuk Pilot dan kopilot dibawa ke Sentani. Sedangkan tiga korban lainnya adalah penduduk Wamena akan diserahkan ke keluarganya," ucap Ivan.

Seperti diberitakan, pesawat jenis Pilatus milik AMA hilang kontak dalam penerbangan dari Wamena menuju Derakma, Rabu (5/7/2017).

Pesawat dengan nomor penerbangan PK-RCX kemudian diketahui telah jatuh di pegunungan Napua, Kampung Walaik, Wamena, Papua. Lima korban meninggal terdiri dari dua kru pesawat dan sisanya warga sipil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com