Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Sekda Dibajak, "Hacker" Minta Uang hingga Rp 20 Juta

Kompas.com - 06/07/2017, 10:30 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Akun media sosial Facebook milik Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Utara, Abdul Aziz, dibajak oleh orang yang belum diketahui identitasnya.

Lewat akun dengan nama Abdul Aziz Mildat, pengguna akun itu meminta uang pada sejumlah orang hingga puluhan juta rupiah.

“Benar akun itu milik Pak Sekda. Namun, sudah di-hack orang lain. Jadi, si pembajak ini minta duit ke orang-orang yang berteman dengan akun Facebook Pak Sekda. Angkanya bervariasi mulai Rp 10-Rp 20 juta,” kata Kepala Humas Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Teuku Nadirsyah, Rabu (5/7/2017).

Dia menyebutkan, Abdul Aziz baru mengetahui kejadian itu setelah beberapa orang meneleponnya dan menanyakan alasannya meminta sejumlah uang.

“Pak Sekda bilang tak benar dia minta uang. Jadi itu penipuan atas nama akun miliknya yang telah dibajak orang lain,” katanya.

Si hackermemberikan nomor rekening atas nama Destria Kurniawan dengan nomor 1550007078705 pada Bank Mandiri.

“Kami sudah sampaikan ke semua dinas agar jangan percaya apa pun yang dikatakan akun itu. Jangan sampai ada yang mentransfer dana ke rekening yang mengatasnamakan Pak Sekda,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com