Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Terakhir Helikopter Basarnas, Warga Lihat Penumpang Lambaikan Tangan

Kompas.com - 03/07/2017, 12:28 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Ahmad, warga Dusun Bulu, Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Temanggung, menjadi saksi mata detik-detik terakhir helikopter HR 3602 milik Basarnas sebelum jatuh di Bukit Muntung, Gunung Butak, Dusun Canggal Bulu, Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Temanggung, Minggu (2/6/2017).

Warga yang mengaku bernama Ahmad itu mengatakan, saat itu, heli terbang rendah sekitar 15 meter dari atas masjid desa setempat sekitar pukul 16.00 WIB.

"Saya lihat ada penumpang heli yang lambaikan tangan," kata Ahmad, Minggu (2/7/2017) malam.

Selanjutnya, Ahmad melihat heli belok ke arah barat. Sekitar 10 menit kemudian, terdengar ledakan.

(Baca juga: Helikopter Basarnas Jatuh Setelah Tabrak Tebing Gunung Batok)

Bersama warga, Ahmad kemudian mendatangi lokasi jatuhnya heli tersebut. Butuh waktu lama untuk sampai ke lokasi karena medannya yang merupakan perbukitan. Sekitar pukul 17.15 WIB, warga baru sampai lokasi heli jatuh.

"Sampai di lokasi mereka sudah meninggal semua sepertinya," ujarnya.

Sementara itu, warga lainnya, Rohmadi, mengaku sempat mendengar suara mesin tersendat-sendat saat helikopter berwarna oranye melintasi desanya.

"Saya di dalam rumah mendengar seperti suara mesin diesel mau mati. Tidak lama setelah itu terdengar ledakan," kata Rohmadi, Minggu malam.

(Baca juga: Teridentifikasi, Ini Daftar Nama 8 Korban Tewas Jatuhnya Helikopter Basarnas)

Tidak lama kemudian, lanjut dia, warga berlarian ke arah Gunung Butak. Rohmadi lalu menyadari bahwa suara yang didengarnya adalah ledakan dari helikopter Basarnas.

"Saya tahunya dari warga kalau itu ledakan dari helikopter," tambahnya.

Saat kejadian, kata Rohmadi, kondisi sudah berkabut karena sore. Sehingga ia tidak bisa melihat lokasi pasti jatuhnya heli tersebut.


Berita ini telah tayang di Tribun Jateng, Senin (3/7/2017), dengan judul: Warga Melihat Penumpang Melambaikan Tangan, 10 Menit Sebelum Helikopter Basarnas Jatuh dan Sebelum Jatuh, Warga Dengar Suara Mesin Helikopter Basarnas Tersendat-Sendat

 

 

 

Kompas TV Lokasi Heli Jatuh di Temanggung Sulit Dilalui

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com