Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter Basarnas Sempat Kirimkan Sinyal Bahaya Sebelum Jatuh

Kompas.com - 02/07/2017, 21:48 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Humas Badan SAR Nasional Annisa Noviantri mengatakan, sebelum berangkat ke Dieng, helikopter HR 3602 milik Basarnas yang jatuh di Bukit Muntung, Temanggung, sempat mampir ke Semarang.

Lalu saat menuju Dieng, helikopter sempat mengirimkan sinyal bahaya atau distress signal sebelum akhirnya diketahui jatuh.

"Dari Gringsing, mereka ke Semarang dulu untuk mengisi bahan bakar. Mereka bertolak ke Dieng pukul 16.00 WIB," kata Annisa saat dihubungi, Minggu (2/7/2017).

"Sekitar pukul 16.17 WIB, kami menangkap distress signal atau sinyal yang menunjukkan tanda bahaya. Tapi saat itu belum diketahui penyebab bahaya itu," imbuhnya.

(Baca juga: Helikopter Basarnas Jatuh Setelah Tabrak Tebing Gunung Batok)

Annisa menambahkan, tak berapa lama, pihaknya menerima laporan dari warga terkait jatuhnya helikopter tersebut.

"Jatuh di Bukit Muntung, Temanggung, atau sekitar satu jam jalan kaki dari Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Temanggung," ujarnya.

(Baca juga: Ini Daftar Kru dan Penumpang Helikopter Basarnas yang Jatuh di Temanggung)

Helikopter Basarnas HR 3602 membawa delapan penumpang. Helikopter yang diperbantukan untuk memantau arus mudik di Gringsing, Batang, itu sedianya ke Dieng untuk mengevakuasi korban letusan Kawah Sileri.

Berita ini telah tayang di Tribun Jateng, Minggu (2/7/2017), dengan judul: Sebelum Berangkat ke Dieng, Helikopter Basarnas Isi Bahan Bakar di Semarang

 

 

Kompas TV Heli Basarnas Jatuh di Temanggung, 2 Orang Diduga Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com