Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Krakatau Berubah Jadi KA Singasari, Berikut Jadwal dan Rute Barunya

Kompas.com - 02/07/2017, 08:12 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Mulai 17 Juli 2017, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengubah nama dan rute Kerata Api Krakatau relasi Merak-Blitar pulang pergi (PP) menjadi KA Singasari relasi Pasarsenen-Purwokerto- Kutoarjo-Blitar PP. 

Kebijakan ini dilakukan untuk mengefisienkan rute dan okupansi penumpang KA di jalur tersebut.

"Salah satu faktor berubahnya nama dan relasi KA Krakatau menjadi KA Singasari adalah okupansi KA Krakatau untuk rute Merak-Rangkasbitung-Tanahabang maupun sebaliknya rata-rata di bawah 30 persen," kata Manager Humas Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwontoko melalui rilisnya, Sabtu (1/7/2017).

(Baca juga: Mulai 7 Juli, Tarif KA Ekonomi Bersubsidi Naik)

Menurut Ixfan, hal itu terjadi karena adanya penumpukan trayek KA lokal di rute dari Merak menuju Rangkasbitung sebanyak 6 KA PP (12 perjalanan) dan dilanjutkan dengan KRL menuju Tanahabang sebanyak 18 KA PP (36 perjalanan).

"Jadi bagi penumpang dari Merak-Rangkasbitung-Tanahabang yang hendak mengambil KA Krakatau yang akan diubah jadi Singasari, bisa menggunakan KA lokal menuju Pasar Senen dahulu," ujarnya.

Meskipun terjadi perubahan pada nama KA dan rutenya, Ixfan memastikan, fasilitas kereta maupun nomor KA tersebut tetap sama, yakni 155 (Blitar-Pasarsenen) dan 156 (Pasarsenen-Blitar).

Ixfan mengatakan, penumpang dari wilayah Banten akan lebih ekonomis menuju Jakarta dan sebaliknya jika menggunakan KA ;okal plus KRL.

Adapun tarif KA lokal dari Merak ke Rangkasbitung Rp 3.000 dan tarif KRL dari Rangkasbitung ke Tanahabang Rp 8.000. Tarif ini jauh lebih murah dibandingkan tarif KA Krakatau/Singasari yang sebesar Rp 50.000.

(Baca juga: Laporkan Calo Tiket Kereta Api ke "Call Center" 151)

Terkait kebijakan tersebut, PT KAI mengimbau kepada seluruh calon pengguna KA untuk melakukan pemesanan atau pembelian tiket KA di chanel resmi PT KAI dan menghindari transaksi dengan perorangan yang mengatas namakan petugas PT KAI.

Sebab, akhir-akhir ini ditemukan oknum calo yang mengatas namakan instansi tertentu serta penemuan beragam tiket palsu.

Berikut jadwal pemberangkatan KA Singasari per 17 Juli 2017:

Pergi: Pasar Senen (12.25)-Purwokerto (18.04)-Purwokerto (18.18)-Kutoarjo (20.21)-Kutoarjo (20.25)-Blitar (03.20)

Pulang: Blitar (06.40)-Kutoarjo (13.47)-Kutoarjo (13.55)-Purwokerto (16.24)-Purwokerto (16.36)-Pasar Senen (22.33).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com