Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Satu Juta Kendaraan Belum Kembali Lintasi Jabar pada Arus Balik Ini"

Kompas.com - 30/06/2017, 17:31 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 2,5 juta unit kendaraan bermotor melintasi Jawa Barat pada arus mudik Idul Fitri 1438 Hijriah/Lebaran 2017. Dari jumlah itu, baru 1,1 juta kendaraan yang kembali ke daerah keberangkatan.

"Sekitar satu juta kendaraan belum kembali pada arus balik ini," ujar Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dedi Taufik di Bandung, Jumat (30/6/2017).

Menurut Dedi, untuk jalur utara, dari 1,14 juta kendaraan yang melintas pada arus mudik, baru 432.129 kendaraan yang sudah kembali. Di jalur tengah, dari 426.023 kendaraan yang melintas saat arus mudik, baru 88.448 yang sudah kembali.

"Untuk yang di jalur selatan, dari 891.000 kendaraan yang melintas saat mudik, yang sudah kembali sebanyak 263.139 kendaraan," ujarnya.

(Baca juga: Pemudik Diimbau Hindari Jalur Nagreg)

Ia mengatakan, jumlah sepeda motor dan mobil pribadi mendominasi dibanding bus. Namun jika dibanding dengan lebaran tahun lalu, jumlah kendaraan pemudik tahun ini berkurang.

Pada mudik Lebaran 2016, jumlah kendaraan pemudik mencapai 2,8 juta atau lebih banyak 700.000 dibanding tahun ini. Hal ini dikarenakan pemudik beralih menggunakan kendaraan umum.

"(Menggunakan) kereta api, itu kan kendaraan umum juga. Lalu tidak sedikit juga masyarakat yang beralih menggunakan pesawat terbang untuk menuju kampung halaman. Ini kan pertanda ekonomi masyarakat meningkat," imbuhnya.

Kompas TV Rekayasa Lalu Lintas Belum Maksimal, Nagreg Macet
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com