Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Jogja, Obama Menginap di Presidential Suite Bertarif Rp 22 Juta Per Malam

Kompas.com - 30/06/2017, 08:58 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarganya memilih Hotel Tentrem sebagai akomodasinya selama berlibur di Yogyakarta, 28 Juni 2017 hingga 30 Juni 2017.

Public Relations Manager Hotel Tentrem, Nike Aristya Pujiastuti, mengatakan, Obama menginap di kamar tipe Presidential Suite, kamar terbaik di hotel yang beralamat di Jalan AM Sangaji No 72 A, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta ini.

Menurut rates card hotel tersebut, kamar tipe Presidential Suite dibanderol dengan tarif Rp 22 juta per malam. Untuk musim high season seperti saat ini, lanjut Nike, harganya bertambah 10 persen, sedangkan pada low season bisa dilepas dengan harga 10 persen lebih murah.

Menginap di satu-satunya kamar terbaik di Hotel Tentrem ini, Obama menikmati pelayanan super mewah. Salah satunya adalah layanan butler atau pelayan senior selama 24 jam penuh untuk melayani detail kebutuhan tamu sampai membereskan barang bawaan.

"Butler yang punya kualifikasi khusus," kata Nike saat dihubungi Kompas.com, Kamis (29/6/2017) siang.

(Baca juga: Mengintip Kamar Terbaik di Hotel Yogyakarta Tempat Obama Menginap)

Nike juga menjelaskan bahwa pengamanan di dalam hotel sangat ketat. Kontrol dipegang oleh US Secret Service yang berisi agen-agen pilihan sebagai perisai hidup Presiden ke-44 Amerika Serikat dan keluarganya ini.

"Pengamanan sesuai dengan standar US dan dikoordinasikan dengan pihak US dan (keamanan) Indonesia," tambahnya.

Para pegawai maupun manajemen hotel pun dilarang untuk mengambil gambar aktivitas Obama dan keluarganya selama menginap di hotel ini.

"Enggak bisa difoto, kan protapnya Secret Service," tuturnya.

(Baca juga: Saat Obama Kaget di Candi Borobudur...)

Sebelumnya Direktur Sido Muncul Group Irwan Hidayat mengungkapkan bahwa posisi Hotel Tentrem dinilai strategis karena dekat dengan jantung kota Yogyakarta, Malioboro maupun Bandara Adisutjipto.

Pilihan akomodasi Obama dan keluarganya ini sendiri sebenarnya tidak lepas dari peran Persatuan Diaspora Indonesia yang akan menggelar kongresnya di Jakarta Juli mendatang.

"Obama menginap di Presidential Suite ukuran kamarnya 273 meter persegi atau setara dengan 6 kamar lebih," kata Irwan dari Jepang, Rabu (28/6/2017).

 

Kompas TV Antara tahun 1967 hingga 1971, saat libur panjang, Obama kecil kerap berlibur ke Yogyakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com