Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Obama Soal Kebun Sayurnya di Gedung Putih

Kompas.com - 29/06/2017, 17:24 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama melakukan santap siang di Resto Bumi Langit. Restoran yang berada di Jalan Imogiri- Mangunan ini terletak di antara perbukitan perbatasan Bantul-Gunungkidul.

Dengan mengusung tema kembali ke alam, restoran ini membuat Obama senang berada di sana. Namun Obama, istrinya Michele, dan dua orang putrinya tak sempat mengunjungi perkebunan di sekitar lokasi.

"Tadi tidak sempat keliling karena waktunya gak cukup," ujar pemilik Resto Bumi Langit, Iskandar Waworuntu seusai menemani Obama, Kamis (29/6/2017).

Iskandar mengaku memiliki kedekatan dengan Obama. Sebab ibu Obama, Ann Dunham dan ibu Iskandar, Judite Tumbelaka merupakan sahabat saat keduanya hidup di Jakarta.

"Silaturahmi anak sama anak, ibunya sahabat anaknya saling bertemu," ucapnya.

(Baca juga: Rombongan Obama Bolak-balik Nikmati Mie Letek)

 

Iskandar dan Obama sempat berbincang mengenai isu lingkungan. Keduanya sepakat mengenai pentingnya makanan sehat. Obama bercerita, ia presiden pertama di Amerika yang memiliki kebun sayur. Lokasinya berada di sisi selatan Gedung Putih.

"Makanan yang ditanam cukup bisa untuk makan anak-anaknya dan tamu. Presiden sebelumnya belum pernah ada (yang membuat kebun sayur)," ucapnya.

Menurut dia, restoran miliknya dipilih karena kesamaan konsep kembali ke alam yang sudah dikenal pegiat lingkungan. Apalagi adik tiri Obama, Maya dan istrinya Michele Obama concern terhadap hal tersebut.

(Baca juga: Di Candi Prambanan, Obama Mengenang Masa Kecilnya)

Darmila, istri Iskandar mengaku, baru pertama kali bertemu dengan Obama. Ia merasa senang dengan kunjungan ini. Beberapa karyawan dan dirinya sempat berfoto dengan presiden Amerika ke-44 itu.

"Tapi saya kurang tahu, suami saya sudah berapa kali bertemu dengan Obama," tutupnya.

Kompas TV Obama Lanjut Liburan ke Yogyakarta
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com