Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macet Belasan Kilometer, Polisi Imbau Hindari Jalur Puncak

Kompas.com - 29/06/2017, 17:02 WIB

CIANJUR, KOMPAS.com - Polres Cianjur, Jawa Barat, memberlakukan sistem satu arah dari Cianjur menuju Bogor menjelang Kamis sore. Langkah ini diambil untuk mencairkan antrean kendaraan yang kembali mulai mengular dengan ekor sepanjang belasan kilometer.

KBO Lantas Polres Cianjur, Iptu Muhaimin pun mengimbau pengguna jalan dari arah Bandung dengan tujuan Bogor dan seterusnya untuk mengunakan jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi, agar tidak terjebak antrean di Jalur Puncak.

"Satu hari sebelumnya, Jalur Puncak menuju Bogor, sempat macet total hingga delapan jam. Sehingga sempat dilakukan penuputan arus dari By Pass-Cianjur selama dua jam, untuk mencairkan antrean yang mencapai 20 kilometer," tuturnya.

Untuk hari ini, tutur dia, sejak pagi hingga siang menjelang antrean kendaraan pendatang dan pemudik yang hendak kembali ke perantauannya masing-masing mulai berbaur di Jalur Puncak sehingga volume kendaraan meningkat tajam.

(Baca juga: Arus Balik, Waspadai Macet di Jalur Purwokerto-Brebes)

Dia memperkirakan, puncak arus balik di Jalur Puncak-Cianjur akan terjadi malam ini dan besok malam, dengan antrean kendaraan yang lebih panjang dari hari sebelumnya. Karena itu, ia melakukan sejumlah rekayasa untuk menghindari macet total kedua arah.

"Menjelang sore satu arah diberlakukan untuk beberapa jam ke depan, agar tidak terjadi antrean panjang hingga malam menjelang seperti hari kemarin. Sifatnya situasional, sehingga arus dari Bogor diarahkan ke jalur alternatif dari Tol Ciawi," tutupnya.

Kompas TV Hingga Selasa (27/6) sore, kemacetan di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, belum terurai.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com