Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Obama Asyik Diskusi dengan Putri Sulungnya di Candi Prambanan

Kompas.com - 29/06/2017, 14:35 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama terlihat sering berdiskusi dengan putri sulungnya, Malia Obama, di sela kunjungan mereka ke Candi Prambanan, Kamis (29/6/2017).

Diskusi sering berlangsung setelah mereka mendengarkan penjelasan dari pemandu sekaligus arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DI Yogyakarta, Manggar Sari Ayuwati.

"Misalnya ada relief, kemudian dia panggil putrinya untuk diskusi kalau sudah dapat penjelasan. Makanya saya tidak banyak mendampingi," kata Manggar usai mendampingi Obama di Candi Prambanan, Kamis (29/6/2017).

Obama datang ke Candi Prambanan bersama istrinya, Michele Obama, dan dua putrinya, Malia dan Sasha. Sejumlah kerabatnya pun ikut dalam liburan tersebut, salah satunya adalah adik tiri Obama, Maya Soetoro.

"Mereka cenderung diam, sekali dua kali tanya tapi lebih banyak diam," kata Manggar.

(Baca juga: Obama Tiba di Puncak Becici, Pengunjung Teriak "Sate" dan "Bakso")

Manggar menuturkan, Obama sangat peduli terhadap Candi Prambanan karena merupakan warisan budaya. Menurut dia, Obama banyak bertanya-tanya tentang Candi Prambanan tentang candi yang dibangun pada abad ke-12 itu.

"Dia bertanya tentang Candi Prambanan dibangun kapan, bagaimana cara membangunnya. Kami jelaskan satu per satu," kata Manggar.

Manggar juga menjelaskan kepada Obama bahwa pada awalnya Candi Prambanan berupa reruntuhan. Lantas candi tersebut disusun satu per satu seperti puzzle yang sangat besar kemudian disusun.

"Tadi saya tunjukkan proses menyusunnya juga dan saya katakan satu candi itu prosesnya tiga tahun hanya untuk persiapannya," kata Manggar.

(Baca juga: Saat Obama Kaget di Candi Borobudur...)

Manggar mengaku senang melihat Obama sering berinteraksi dengan keluarga dan berdiskusi dalam kunjungan liburannya ke Candi Prambanan.

"Dia datang lebih santai karena kunjungannya wisata keluarga jadi banyak foto-foto mengalir dengan santai," tutur Manggar.

 

Kompas TV Setelah menghabiskan waktu berlibur di Bali, Barack Obama dan keluarga tiba di Yogyakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com