Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Balon Udara di Langit Purbalingga, Polisi Patroli Keliling

Kompas.com - 28/06/2017, 17:25 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Puluhan balon udara tanpa awak diterbangkan warga Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2017) pagi.

Meski sudah banyak imbauan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait larangan menerbangkan balon, namun warga tetap berkelit bahwa kegiatan menerbangkan balon tersebut merupakan tradisi di setiap momen Lebaran.

Dalam pantauan Kompas.com, sekitar pukul 10.00 WIB, puluhan balon udara berbagai bentuk dan ukuran terlihat melayang-layang diatas langit Purbalingga.

Tradisi penerbangan balon ini tidak terpusat di satu titik, melainkan dilakukan di beberapa daerah di wilayah perkotaan.

Salah satu penerbang balon dari Kelurahan Kembaran, Kecamatan Purbalingga, Supriyanto (34) mengatakan, dirinya tidak mengetahui perihal larangan menerbangkan balon dari pemerintah.

Motivasinya menerbangkan balon tidak lain karena tradisi yang sudah biasa dilakukan masyrakat setempat sejak dahulu.

“Ini patungan warga, untuk bikin satu balon bisa habis Rp 1 juta, waktu bikinnya saja satu bulan,” katanya.

(Baca juga: Kemenhub: Tradisi Balon Udara di Jawa Tengah Bahayakan Penerbangan)

Meski sudah menjadi tradisi tahunan, Supriyanto tidak keberatan jika lebaran tahun depan harus mengurungkan niatnya untuk menerbangkan balon yang lebih besar.

“Kalau memang dilarang ya tidak saya ulangi, apalagi kalau ternyata bisa membahayakan nyawa orang,” ujarnya.

Sementara itu, melihat puluhan balon udara diterbangkan dari wilayahnya, Kapolsek Purbalingga AKP Riyatnadi mengatakan, pihaknya sudah menurunkan personel untuk menyisir beberapa titik yang dianggap sarat dengan tradisi menerbangkan balon, di antaranya Kelurahan Purbalingga Lor, Pesayangan, Kembaran Kulon, dan Gang Panca.

“Sudah kami sisir, ada beberapa yang berhasil dicegah, namun memang ada beberapa yang sudah terlanjur terbang,” ujarnya.

Meski ada ancaman pidana karena menerbangkan balon, namun pihaknya masih sebatas melakukan upaya preventif. Pasalnya, selain tradisi, banyak warga yang tidak tahu jika aktifitas menerbangkan balon udara dapat membahayakan keselamatan transportasi penerbangan.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso, mengungkapkan, balon udara yang biasa diterbangkan masyarakat saat menyambut momen Idul Fitri dianggap membahayakan keamanan penerbangan.

(Baca juga: Tradisi Balon Udara Dikritik karena Bahayakan Penerbangan, Ini Alasannya)

Sebab, balon-balon itu mampu terbang hingga ketinggian 18.000 kaki atau sudah berada pada level jalur penerbangan pesawat komersil.

Lebih dari itu, tradisi menerbangkan balon udara justru menjadi rutinitas warga Jawa Tengah yang notabene masuk rute yang padat penerbangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com