Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Semoga Obama Mau Mampir ke Rumah Bulaksumur Blok D7"

Kompas.com - 28/06/2017, 08:22 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama berencana akan melanjutkan liburannya di Indonesia dengan berkunjung ke DI Yogyakarta setelah selama 6 hari mengunjungi Bali.

Widodo, pendiri sekaligus pengelola Museum Universitas Gadjah Mada (UGM), berharap Obama mampir berkunjung ke rumah di Bulaksumur, Blok D7, saat berada di Yogyakarta. Setidaknya, untuk mengenang masa kecilnya.

"Ya saya berharap sebagai pendiri dan pengelola Museum UGM, beliu (Barack Obama) berkenan untuk menyempatkan berkunjung ke rumah Blok D 7 ," ujar salah satu pendiri sekaligus pengelola Museum UGM, Widodo, S.T.P., M.Sc., Selasa (27/06/2017).

Widodo menuturkan, setelah rumah itu menjadi Museum UGM, adik Obama, Maya Soetoro, pernah berkunjung ke rumah tersebut. Setelah berkunjung, menurut Widodo, Maya juga bercerita, dia pergi ke Gedung Putih untuk menyampaikan kepada Obama tentang kondisi rumah Blok D7.

"Beliau (Obama) belum kenal Museum UGM. Yang kenal adiknya, Dokter Maya Soetoro. Dulu setelah berkunjung, Mbak Maya menyampaikannya ke Gedung Putih," tutur Widodo.

(Baca juga: Yogyakarta Bukan Tempat Baru untuk Obama, Ayam Ingkung dan Pohon Jambu Jadi Saksi)

Setelah itu, lanjut Widodo, ada utusan dari Gedung Putih dan Kedutaan Besar Amerika Serikat yang pernah datang langsung ke rumah Blok D 7 untuk melihat langsung tempat Obama kecil menghabiskan waktu liburannya dulu.

Menurut Widodo pula, tempat tidur dan kursi serta meja yang digunakan oleh Obama kecil masih terawat dan tersimpan baik di Museum UGM sehingga jika Obama berkenan singgah, dia bisa bernostalgia melihat kursi dan tempat tidur yang pernah dipakainya.

"Kursi warna putih dan tempat tidur masih ada dan tidak berubah. Kalau beliau datang pasti masih ingat sekali. Kalau berkenan, foto di jalan depan rumah Blok D7 seperti waktu kecil, jadi mengenang masa kecilnya di sini," ucapnya.

(Baca juga: Ini Tempat Tidur dan Kursi yang Digunakan Obama Kecil di Yogyakarta)

Bagi Obama, Yogyakarta bukanlah tempat yang baru untuk dikunjungi. Semasa kecil, Obama kerap bertandang ke Yogyakarta dari Jakarta setiap libur panjang tiba. Di Yogyakarta, Obama biasanya menginap di pamannya, Prof Dr Iman Sutiknjo yang pada masa itu aktif sebagai Dekan FIsipol UGM.  Istrinya merupakan kakak dari Dr Soetoro, ayah tiri Obama.

 

Kompas TV Barack Obama dan Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak dijadwalkan bertemu di sela masa liburan keduanya di Bali.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com