Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK Bagi-bagi Uang Saat Gelar "Open House" di Makassar

Kompas.com - 27/06/2017, 08:52 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menggelar open house di kediaman pribadinya di Jalan Hadji Bau, Makassar, Sulawesi Selatan pada Selasa (27/6/2017) ini. Selain bersilaturahim, JK juga membagi-bagikan uang dan kue kepada warga.

Sejak pagi, warga sudah memadati Jalan Hadji Bau. Jalan menuju Pantai Losari itu pun ditutup dan arus kendaraan dialihkan ke jalan alternatif.

Aparat keamanan dari TNI/Polri tampak menjaga dan mengatur orang-orang yang akan bertemu dan bersalaman dengan JK. Sementara Paspampres melakukan pengamanan dan mengatur mereka di halaman kediaman JK.

Sampai saat ini, acara open house JK di Makassar itu berlangsung aman. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, ketika orang-orang berdesak-desakan di open house JK hingga menelan korban jiwa maupun luka.

Baca juga: Tak Bisa Bertemu Jokowi, Diana Berharap Rayakan Lebaran Bersama JK

Warga Makassar yang bersilaturahmi dengan JK diberi uang dan kue. Panitia membagikan uang Rp 100 ribu kepada orang dewasa dan Rp 50 ribu kepada anak-anak.

Kepala Polrestabes Makassar, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Endi Sutendi mengatakan, pengamanan diperketat terhadap warga yang hendak bersilaturahim dengan JK.

"Sampai jam 09.00 Wita, sudah 1.500 orang yang datang. Kami bagi beberapa kelompok dan tiap kelompok terdiri 300 orang. Kelompok-kelompok itu kemudian bergiliran mengantre masuk bersilaturahim dengan Wapres. Di pintu masuk, pemeriksaan ketat dilakukan dan secara antrean masuk ke halaman hingga ke teras rumah untuk bersalaman dengan Wapres," kata Endi.

"Di dalam, warga bersalaman dengan Wapres. Selanjutnya dibagikan uang dan kue. Semua berjalan dengan aman dan tertib. Selain pengamanan ketat, disiapkan tim medis dan ambulans di sekitar kediaman Wapres," tambahnya.

Lihat juga: JK Mudik ke Makassar, 3.000 Personel TNI-Polri Dikerahkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com