Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aiptu Martua Sedang Sakit Saat Diserang Terduga Teroris di Polda Sumut

Kompas.com - 26/06/2017, 08:11 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Dua personel polisi Yanma Polda Sumut, Aiptu Martua Sigalingging dan Brigadir E Ginting, menjadi korban penyerangan teroris yang berafiliasi ke ISIS.

Penyerangan tersebut menyebabkan Aiptu Martua Sigalingging gugur dengan beberapa luka tusukan saat berjaga di Polda Sumut, Minggu (25/6/2017) dini hari.

Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan, dua pelaku memasuki penjagaan pos tiga yang dijaga empat orang satuan Yanma Polda Sumut sekitar pukul 03.00 WIB.

Saat kejadian, dua polisi jaga sedang berpatroli sehingga hanya ada Aiptu Martua Sigalingging dan Brigadir E Ginting di pos.

"Saat itu Aiptu Martua sedang tidak enak badan sehingga meminta izin untuk istirahat di kamar, sedang E Ginting berada di pos," ungkap Rycko, Minggu.

"Pada saat itu tiba-tiba dua orang pelaku masuk dan menyerang Aiptu Martua yang sedang beristirahat," lanjutnya.

(Baca juga: Kronologi Penyerangan Markas Polda Sumut oleh 2 Terduga Teroris)

Rycko mengutarakan, ketika kejadian berlangsung, rekannya Brigadir E Ginting sempat melihat korban yang sedang diserang dan ikut membantu.

"Dia (Ginting) ketika menolong sempat teriak sehingga terdengar personel lain yang berjaga dan akhirnya kedua pelaku diamankan dengan tembakan. Satu orang ditembak mati dan satu lagi ditembak di paha," tutur Rycko.

(Baca juga: Gugur dalam Aksi Teror di Polda Sumut, Ini Sosok Aiptu Martua di Mata Rekannya)

Aiptu Martua Galingging gugur dengan luka di sekitar perut, dada, tangan bahkan di dagu sampai ke bawah telinga.

"Luka pada tangan korban yang begitu banyak menunjukkan bahwa korban sempat melakukan perlawanan," kata dia.

Berita ini telah tayang di Tribun Medan, Minggu (25/6/2017), dengan judul: Meski Sedang Sakit Aiptu Martua Sempat Melawan Teroris

 

 

Kompas TV Polisi masih terus memeriksa keluarga SP, salah satu pelaku penyerangan yang menewaskan satu petugas polisi Polda Sumut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com