Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Dua Lantai Tak Muat, Jemaah Shalat Id Meluber hingga Jalan Raya

Kompas.com - 25/06/2017, 09:30 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Jemaah shalat Idul Fitri di Masjid Assa’adah Gabek, Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (25/6/2017), meluber hingga ke badan jalan raya.

Masjid setinggi dua lantai tidak mampu menampung jemaah yang sebagian besar merupakan perantau yang pulang ke kampung halaman.

“Pengembangan masjid terkendala lahan yang terbatas. Kiri kanan adalah rumah penduduk,” kata Ketua Masjid Assa’adah Gabek, Amran N, seusai shalat Id,.

Jamaah yang membludak, lanjut Amran, hanya terjadi saat shalat Idul Fitri dan Idul Adha. Pada ibadah hari biasanya, jemaah bisa tertampung di dalam masjid yang terdiri dari dua lantai ditambah bagian pekarangan.

Adapun pada Idul Fitri kali ini, Jalan Sudirman Pangkal Pinang yang merupakan jalan utama terpaksa ditutup sampai berakhirnya shalat dan khotbah.

Jemaah yang tidak mendapat tempat di dalam masjid tetap khusyuk mengikuti ibadah karena telah mempersiapkan sajadah atau kertas koran sebagai alas duduk.

(Baca juga: Shalat Id, Gereja Kristus Raja Ungaran Ubah Jadwal Misa dan Sediakan Lahan Parkir)

Meskipun shalat Id di badan jalan, jemaah tetap bisa mengikuti imam melalui pengeras suara yang dipasang panitia masjid.

Melalui khotbahnya, Ustaz Rusdi Rusdiar berharap jemaah bisa mempertahankan kekhusyukan ibadah Ramadhan sepanjang waktu.

Sementara itu, aparat kepolisian terlihat berjaga-jaga sembari membantu arus lalu lintas di pertigaan jalan depan masjid.
 

 

Kompas TV Presiden Jokowi Salat Idul Fitri Di Masjid Istiqlal
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com