Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendung, Hilal Tak Terlihat di Yogyakarta

Kompas.com - 24/06/2017, 18:46 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Tim pemantauan hilal di Pos Observasi Bulan (POB) Syekh Bela-Belu Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta tak berhasil melihat hilal, karena langit tertutup awan.  Tim dari Kanwil Kemenag DIY dan BMKG DIY pun tak melakukan pemantauan secara intens karena cuaca yang mendung itu.

"Karena mendung makanya tidak perlu dipantau," kata Perwakilan Tim Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kanwil Kemenag DIY Mutoha Arkanudin, Sabtu (24/6/2017).

Menurut dia, pemantauan di makam syeh Bela-Belu sulit dilakukan karena berdekatan dengan pantai selatan DIY, sehingga jika sore hari akan muncul mendung.

"Kalau dipresentase kemungkinan melihat hilal di POB Syekh Bela-Belu Parangtritis hanya 10 pesen," ulasnya.

Pemantauan hilal paling baik di kawasan NTB dan NTT karena faktor cuaca kering dan tidak lembab seperti di pantai selatan Jawa hingga Sumatera.

Meski tak terlihat, hal itu akan dilaporkan ke Kementrian Agama. Kasi Data dan Informasi BMKG Yogyakarta Teguh Prasetyo menambahkan, pihaknya juga menerjunkan tim yang terdiri dari 5 orang untuk melakukan pemantauan hilal.

"Kami membawa teleskop, teropong, laptop, dan kami juga mengirimkan vidio online langsung dikirim ke Jakarta," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com