Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Perompak dan Napi Kabur di Cilacap, Patroli Laut Ditingkatkan

Kompas.com - 23/06/2017, 17:57 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com - Memasuki H-2 Idul Fitri 2017, Satuan Kepolisian Perairan (Satpolair) Polres Cilacap menggelar patroli perairan sejak Kamis (22/6/2017).

Patroli menggunakan speedboat Kamtibmas Wira Pradana menyasar kapal-kapal berbendera merah putih maupun berbendera asing yang tengah lego jangkar di perairan Cilacap.

Kasatpolair Polres Cilacap AKP Huda Syafi'i mengatakan, patroli ini akan semakin diintensifkan mengingat potensi kriminalitas laut yang mungkin terjadi mendekati hari H Lebaran.

Sejumlah potensi kriminalitas itu antara lain perompakan kapal, hingga pengamanan Pulau Nusakambangan pasca kaburnya satu tahanan dari Lapas Permisan.

“Sampai saat ini, kami mendata ada puluhan kapal yang ditempel (dirompak) di seputar perairan Cilacap, termasuk di antaranya kapal berbendera Thailand,” katanya melalui rilis tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (23/6/2017).

Untuk itu, dalam patrolinya, petugas membagikan stiker call center yang ditempelkan ke kapal-kapal yang tambat di sekitar obyek vital seperti Dermaga Tanjung Intan Cilacap.

“Kami mengimbau kepada seluruh awak kapal untuk segera menghubungi nomor kami di 0282-533352 jika mendapati tindak kriminalitas di sekitar perairan Cilacap,” ujarnya.

Memasuki puncak mudik Lebaran, aktivitas perkapalan di obyek vital nasional semakin ramai. Kepolisian terus melakukan pengamanan dan pembinaan kepada segenap jajaran petugas pelabuhan untuk meningkatkan kewaspadaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com