Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lewat Sukoharjo, Waspadai Kemacetan di Tugu Kartasura

Kompas.com - 23/06/2017, 14:27 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KARTASURA, KOMPAS.com - Pertigaan Tugu Kartasura di Sukoharjo, Jawa Tengah, kerap menjadi salah satu titik rawan kemacetan saat arus mudik karena menjadi persimpangan jalur utama dari arah Semarang, Jogjakarta dan Solo.

"Seperti diketahui, di persimpangan tugu tersebut dari arah Selatan, ada arus dari Jogjakarta, kemudian dari utara arus dari Boyolali dan Semarang dan dari arah timur arus dari arah Solo dan Jawa Timur. Untuk itu, ini menjadi prioritas," kata Kapolres Sukoharjo AKBP Ruminio Ardano, Jumat (23/6/2017).

Ruminio mengatakan, petugas sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas dan jalur alternatif apabila terjadi kemacetan di Tugu Kartasura.

"Selain di Tugu, kami imbau juga ada titik kemacetan di depan Pasar Kartasura, kemudian di Kleco, saat masuk ke Kota Solo. Lalu kami juga mengimbau kepada pemudik dari arah selatan atau Jogja yang hendak ke Solo untuk mengambil belok kanan ke jalan Slamet Riyadi, Kartasura. Atau bisa ke belok kanan di pertigaan Pakis. Lalu, dari arah Boyolali, bisa ambil ke kiri masuk Tol Solo-Kertosono," kata Ruminio setelah mendampingi Wakapolda Jawa Tengah, Brigjen Pol Indrajit, di Pos Pam 2 Kartasura, Jumat (23/6/2017).

(Baca jua: Pemudik, Waspadai Debu di Tol Darurat Brebes-Gringsing)

Petugas memperkirakan, arus mudik akan mencapai puncaknya pada sore hingga malam hari.

"Saat ini masih kondisi lancar dan diperkirakan nanti sore sampai malam, pemudik mulai masuk ke wilayah Kartasura," tuturnya.

 

Kompas TV Lebih Lengang, Pemudik Pilih Jalur Lingkar Pemalang
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com