Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kemacetan di Pantura Kendal, Polisi Berlakukan Sistem 3-1

Kompas.com - 23/06/2017, 11:32 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Pemudik mulai memadati jalur Pantura Kendal Jawa Tengah, Jumat (23/6/2017). Untuk mengantisipasi kemacetan, polisi lalu lintas Polres Kendal, melakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem 3-1 di Jalan Raya Ketapang Kendal.

Dengan sistem ini, petugas menambah satu jalur dari arah barat. Sedangkan ruas dari timur dikurangi satu jalur. “Ini untuk mencairkan kepadatan lalu lintas yang datang dari arah barat,” kata Kasatlantas Polres Kendal, AKP Edy Sutrisno.

Edy menambahkan, selain memberlakukan sistem 3-1, pihaknya mengalihkan bus dan mobil luar kota, ke Jalan Tentara Pelajar. Sedang yang ke dalam Kota Kendal, melewati jalur Pantura.

“Jalan Tentara Pelajar ini menuju ke Cepiring. Kondisi jalannya cukup baik,” ujarnya.

(Baca juga: Inilah Rekayasa Lalu Lintas Jika di Tol Semarang-Solo Macet)

 

Edy menjelaskan, rekayasa lalu lintas dengan sistem 3-1 dilakukan bila memang diperlukan. Setelah arus lalu lintas normal, akan dikembalikan seperti semula. “Hari ini perkiraan puncak arus mudik. Pagi ini, sudah terlihat, “ ucapnya.

Ia mengimbau kepada pemudik supaya hati-hati dan tetap waspada. Ia juga meminta kepada pengemudi, supaya istirahat bila capek atau mengantuk. “Ada 8 Pos Pam besar di sepanjang Pantura Kendal. Gunakan untuk istirahat,” tambahnya. 

Kompas TV Kemacetan Sepanjang 40 KM Terjadi di Tol dalam Kota
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com