Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kami Mohon Masyarakat Bantu Kejar Napi Kadarmo"

Kompas.com - 23/06/2017, 09:10 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com - Polisi mulai menyebar foto buronan Kadarmono alias Darmo bin Sukandar, seorang narapidana (napi) Lembaga Pemasyarkatan (Lapas) Klas IIA Permisan, Pulau Nusakambangan, yang kabur, Senin (19/6/2017).

"Sejak Rabu (21/6/2017) kami telah menyebar foto Kadarmono di sejumlah tempat-tempat umum yang mudah terilihat massa, seperti terminal bus Cilacap dan dermaga Seleko," ujar Kapolres Cilacap AKBP Yudo Hermanto, Kamis (22/6/2017).

Yudo menduga, napi asal Kampung Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Semarang ini sudah menyeberang ke luar Pulau Nusakambangan.

“Pemasangan foto napi dilakukan sebagai upaya mempersempit ruang gerak napi, selain pencarian oleh tim gabungan Kepolisian, Kodim, dan pihak Lapas Permisan,” tutur Yudo.

(Baca juga: Saat Gembalakan Kambing, Napi Nusakambangan Kabur ke Dalam Hutan)

Dia berharap, dengan menyebarkan foto Kadarmo, masyarakat dapat terlibat dalam upaya pencarian terpidana kasus perampokan itu.

"Kami memohon masyarakat untuk membantu aparat mengejar Kadarmo. Caranya dengan menghubungi nomor telepon Polres yang tercantum di bawah foto (0282) 541110,"  ujarnya seraya mengatakan pencarian terus dilakukan melalui jalur darat dan air. 

Diberitakan sebelumnya, napi Kadarmono alias Darmo bin Sukandar dilaporkan melarikan diri saat menjadi tamping gembala sapi di hutan dekat Lapas Permisan.

Koordinator Kepala Lapas Nusakambangan, Abdul Aris menceritakan, peristiwa bermula saat Darno keluar untuk mengembalakan sapi berjumlah 14 ekor, Senin (19/6/2017) sekitar pukul 09.00 WIB.

Namun saat semua tamping diapelkan oleh petugas jaga pukul 11.00 WIB, Darmo tak kunjung pulang.

(Baca juga: Sebelum Kabur dari Lapas Nusakambangan, Kadarmono Beli 30 Bungkus Roti)

Dari hasil penyisiran sementara, sebelum melarikan diri, napi Kadarmono diketahui membeli roti sebanyak 30 bungkus di warung milik Raharjo di Lapas Kembangkuning, yang berjarak sekitar 7 kilometer dari Lapas Permisan, Nusakambangan.

Tim gabungan menemukan sepeda motor yang digunakan oleh Kadarmo di pertigaan Ngasem, kurang lebih 500 meter dari Lapas Kembangkuning arah Kampung Laut.

"Kami sudah melakukan pencarian, namun keberadaan napi tersebut belum ada titik terang," pungkasnya.

Kompas TV 19 Napi LP Sleman Dipindah ke Nusakambangan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com