Tabrakan Beruntun di Tol Bawen-Ungaran, 8 Korban Dilarikan ke RS - Kompas.com

Tabrakan Beruntun di Tol Bawen-Ungaran, 8 Korban Dilarikan ke RS

Kontributor Ungaran, Syahrul Munir
Kompas.com - 23/06/2017, 06:35 WIB
www.sykesassistance.com Ilustrasi tabrakan dari belakang akibat tak menjaga jarak

BAWEN, KOMPAS.com - Kecelakaan beruntun terjadi di ruas tol Semarang-Solo seksi II yakni ruas Ungaran-Bawen, Kamis (22/6/2017) malam. Kecelakaan melibatkan empat kendaraan di Kilometer 25+600 B atau arah Bawen ke Ungaran.

Seorang petugas Satlantas Polres Semarang yang berada di lokasi melaporkan, kecelakaan melibatkan dua bus dari PO Harapan Jaya, Mobil Grand Livina dan Mitsubishi Colt L300 atau pick up bermuatan janur kelapa.

Kecelakaan tersebut tidak menyebabkan korban jiwa. Namun arus lalu lintas menjadi tersendat, sehingga petugas melakukan pengalihan arus. 

Disebutkan posisi keempat kendaraan yang terlibat tersebut berada di lajur kanan sehingga petugas mengalihkan semua kendaraan ke lajur kiri. Polisi dan petugas dari PT Trans Marga Jateng (TMJ) berusaha menyingkirkan daun janur yang berceceran ke pinggir jalan.

Petugas Sentra Komunikasi PT Trans Marga Jateng (TMJ), Yoga yang dihubungi pukul 23.35 WIB mengabarkan, di lokasi kejadian ada satu bus yang masih dalam upaya penderekan.

"Untuk L300, Grand Livina dan Bus Harapan Jaya yang satunya sudah ditarik ke unit Laka Polres Semarang," kata Yoga.

(Baca juga: Motor Tabrakan dengan Becak di Aceh Utara, Dua Orang Tewas)

 

Yoga menuturkan, kronologis dari petugas di lapangan menyebutkan, tabrakan beruntun bermula dari mobil pick up yang membawa muatan janur (daun muda) kelapa melaju dari arah Bawen ke Ungaran.

Saat tiba di lokasi kejadian, tepatnya di Kilometer 25 + 600 B, tali pengikat janur kelapa tersebut lepas sehingga ratusan helai janur berhamburan di jalan tol.

Di antara janur yang berserakan di jalan tol tersebut ada janur yang menyangkut di roda ban mobil Grand Livina yang melaju di belakang mobil pick up, hingga putaran roda mobil Grand Livina berhenti.

Melihat mobil Grand Livina berhenti mendadak, bus PO Harapan Jaya yang ada di belakangnya berupaya mengerem. Hampir saja berhasil, sebuah bus dari PO yang sama tiba-tiba menghantam Bus PO Harapan Jaya yang sudah berhenti.

"Sehingga bis yang pertama terdorong dan menabrak Grand Livina," ujarnya.

Paramedis PT TMJ segera mengevakuasi para korban untuk dibawa ke RSUD Ungaran guna mendapatkan penanganan.

"Laporan dari tim medis, ada 8 yang dibawa ke RSUD Ungaran, tapi hanya dua yang mendapatkan jahitan serius. Keduanya dari sopir dan kernet bus," tuntasnya.

Sebelumnya dikabarkan, sebuah mobil terperosok ke parit di kilometer 47.600 A ruas tol Bawen-Salatiga, Kamis (22/6/2017) sekitar pukul 09.30 WIB.

Sebuah mobil Avanza Nopol B 1686 VYG berjalan dari arah Bawen menuju Salatiga masuk ke parit lantaran diduga sopir mengantuk.

(Baca juga: Sopir Diduga Mengantuk, Mobil Pemudik Masuk Parit di Tol Bawen-Salatiga)

 

Lokasi kecelakaan tunggal tersebut berada di jalur Bawen menuju Salatiga, tepatnya di Dusun Pete, Desa Sukoharjo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Tidak ada korban jiwa, namun para penumpang yang mengalami luka ringan sempat dilarikan ke RSUD Salatiga untuk mendapatkan penanganan.

Kompas TV Tabrakan Maut di KM 91 Cipularang Libatkan 10 Mobil

PenulisKontributor Ungaran, Syahrul Munir
EditorReni Susanti
Komentar