Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Pengunjung Terjebak di Cerobong PLTU Palabuhanratu

Kompas.com - 21/06/2017, 22:15 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Sebanyak tujuh pengunjung terjebak di dalam lift di cerobong Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (21/6/2017) sejak pukul 10.00 Wib. LIft disebutkan tidak berfungsi.

Hingga pukul 14.45 Wib, Basarnas Pos SAR Sukabumi masih berupaya melakukan evakuasi terhadap ketujuh orang tersebut, di antaranya tiga orang terjebak di lantai empat dan empat orang terjebak di lantai tujuh.

Ketujuh orang yang terjebak yaitu dua orang pegawai PLTU Palabuhanratu dan lima orang merupakan tamu yang sedang berkunjung.

Informasinya, tamu yang berkunjung berasal dari dua lembaga berbeda, di antaranya dua orang dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

"Proses evakuasi masih berlangsung. Karena tidak ada tangga darurat, petugas menaiki besi penyangga luar cerobong untuk proses evakuasi," kata Komandan Pos SAR Sukabumi, Aulia Solihanto, Rabu (21/6/2017) sekitar pukul 16.20 WIB.

Dia menuturkan, pihaknya mendapatkan laporan dari PLTU Palabuhanratu terkait ada tujuh orang terjebak dalam lift sekitar pukul 11.49 WIB. Sedangkan kejadiannya sekitar pukul 10.00 WIB.

"Posisi yang terjebak ini di dalam cerobong asap yang kondisi udaranya sangat tipis," ujar dia.

Aulia menuturkan, posisi lantai empat dari lantai dasar itu tingginya mencapai 105 meter. Sedangkan ketinggian lantai tujuh sekitar 210 meter. Di lokasi tidak ada tangga darurat.

"Kami masih berupaya mengevakuasi seluruh korban," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com