Pemudik, Waspadai Hal-hal Ini Saat Melintas di Tol Palembang-Indralaya - Kompas.com

Pemudik, Waspadai Hal-hal Ini Saat Melintas di Tol Palembang-Indralaya

Kompas.com - 21/06/2017, 19:40 WIB
TribunSumsel.com/Siemen Martin Tol Palindra resmi dibuka untuk umum, Senin (19/6/2017).

INDRALAYA, KOMPAS.com - Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) Seksi 1 resmi dibuka mulai Senin (19/6/2017) dan diuji coba selama musim mudik hingga H+10 Lebaran.

Menurut Manajer Proyek Tol Palindra, Hasan Turcahyo, ada sejumlah ketentuan yang harus dipatuhi pemudik, di antaranya soal kecepatan kendaraan.

"Jangan ngebut-ngebut ya, maksimal 80 kilometer per jam. Ada jalan tol yang sampai 100 kilometer per jam, tapi kita maksimal 80 (km) saja," katanya, Senin.

Hasan menuturkan, faktor keamanan dan keselamatan menjadi pertimbangan pihaknya dalam menentukan kecepatan maksimal.

TribunSumsel.com/Agung Dwipayana Plt Bupati Ogan Ilir (OI), Ilyas Panji Alam, tidak bisa menyembunyikan perasaan bahagianya saat meninjau tol Palembang-Indralaya (Palindra) Seksi 1 di titik nol, Desa Pegayut, Kecamatan Pemulutan, Senin (19/6/2017).
"Ya biasa saja, kalau tidak mau kena tilang pak polisi ya silakan ngebut," katanya lagi.

Senada dengan Hasan, Kapolres Ogan Ilir, AKBP M Arief Rifai, mengimbau para pemudik untuk berhati-hati dan tidak ugal-ugalan saat melintas di jalan tol.

"Budaya berkendaraan masyarakat kita perlu diatur. Apalagi di jalan tol, ini ada batas minimal dan maksimal kecepatannya," singkatnya.

Selanjutnya, PT Hutama Karya dan Polres OI akan bekerjasama memasang rambu batas maksimal kecepatan kendaraan agar dimengerti para pemudik.

Jalan tol sepanjang sembilan kilometer itu masih enak dilalui. Kondisi aspal yang masih baru terasa membuat roda mobil stabil dengan laju kencang.

Namun saat ingin memasuki wilayah Pemulutan, pengendara harus lebih hati-hati karena jalur belokan ke kanan cukup tajam.

Jalan yang tadinya satu lajur, namun dibagi dua jalur, langsung menyempit. Di area ini, jalan juga belum sepenuhnya diaspal. Sementara itu, kondisi jalan yang ambles masih ditutup oleh pagar dan tidak terpakai saat uji coba jalur.

Menakjubkan

Pada saat pembukaan, Plt Bupati Ogan Ilir H Ilyas Panji Alam tidak bisa menyembunyikan perasaan bahagianya saat meninjau tol Palindra Seksi 1 di titik nol, Desa Pegayut, Kecamatan Pemulutan. Dia tidak hentinya memuji ruas tol pertama di Sumsel ini.

"Benar-benar menakjubkan, ini kebanggaan masyakarat Ogan Ilir juga," ujarnya.

Ilyas datang bersama jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) OI, di antaranya Sekda OI, Herman.

Setibanya di titik nol tol Palindra, Ilyas disambut Direktur Utama PT Hutama Karya, I Gusti Ngurah Putra, Manajer Proyek Tol Palindra, Hasan Turcahyo dan Kapolres OI, AKBP M Arief Rifai.

 

Berita ini telah tayang di Tribun Sumsel, Rabu (21/6/2017), dengan judul: Ini Kecepatan Maksimal Melintas di Tol Palindra dan Tol Palindra Awalnya Mulus Nyaman tapi Tiba-tiba Begini Ujungnya, Harus Waspada

 

Kompas TV Untuk Sementara Pengguna Tol Palindra Tak Dikenakan Biaya

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM