Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Motor "Mudik" Lebih Dulu ke Kampung Halaman

Kompas.com - 21/06/2017, 15:06 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Empat hari sebelum Lebaran, atau H-4, ratusan unit motor, diberangkatkan untuk mudik gratis ke berbagai daerah di Jawa Timur. Motor-motor tersebut dipastikan sampai lebih dahulu ke kampung halaman daripada pemiliknya.

Ada 262 unit motor yang diberangkatkan dari kantor Dinas Perhubungan Jawa Timur di Surabaya, Rabu (21/6/2017).

Motor-motor tersebut menurut Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dishun Jatim Suban Wahyudiono, diangkut tujuh truk, menuju enam daerah tujuan yakni Banyuwangi, Blitar, Jember, Madiun, Tulungagung, dan Trenggalek.

Baca juga: Selama Arus Mudik, Sniper Disiagakan di Perbatasan Jember-Banyuwangi

Suban memastikan, motor pemudik sudah sampai lebih dulu di daerah tujuan. Karena pemilik motor yang ikut mudik gratis baru besok diberangkatkan.

"Jadi asumsinya motor mudik duluan, baru pemiliknya," ucap Suban.

Mudik gratis motor kata dia, sebagai upaya mengurangi risiko kecelakaan di jalan saat angkutan lebaran, yang kuantitasnya selalu didominasi kendaraan bermotor.

Sementara Kamis dan Jumat besok, sebanyak 530 bus mudik gratis akan dilepas Gubernur Jatim. Dengan jumlah bus bantuan sponsor, di Jatim ada 777 bus mudik gratis dengan total tempat duduk lebih dari 210.000 tempat duduk.

Bus-bus tersebut akan menempuh jalur mudik ke sema daerah di Jawa Timur dari wilayah Madura, Tapal Kuda, Pantai Utara, hingga di wilayah selatan Jawa Timur. 

Baca juga: Polisi Nunukan Buka Penitipan Mobil Gratis Selama Mudik

Kompas TV Berikut tips mudik aman dari Kompas TV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com