Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Padat 2,5 Km, Tol Brexit Ramai Lancar

Kompas.com - 21/06/2017, 12:35 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Antrean kendaraan di pintu Tol Kaligangsa, Brebes Timur, atau Brexit pada Rabu (21/6/2017) dini hari tadi sempat mencapai 2,5 kilometer. Antrean dipicu setelah jalan tol fungsional Brebes Timur-Grinsing ditutup sesaat untuk perbaikan.

Ketua Satuan Tugas Tol Komisaris Besar Djarod Padakova mengatakan, bahwa pada Rabu dini hari tidak terjadi kemacatan di Brebes Exit. Hanya saja, di lokasi itu terjadi antrean kendaraan yang lumayan panjang.

“Bukan macet, itu antrean (biasa) untuk membayar tol,” kata Djarod saat dihubungi, Rabu siang ini.

Menurut Djarod, antrean kendaraan tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap kondisi lalu lintas secara umum di jalan tol.

(Baca juga: Cegah Tragedi Brexit Terulang, Kemenhub Terapkan Sistem Buka Tutup)

 

Setelah dilakukan perbaikan, diperkirakan kepadatan antrean kendaraan di Tol Kaligangsa berkurang karena pemudik kembali menggunakan jalan tol fungsional.

“Gak ada pengaruh. Selama ini yang dibilang macet, itu selalu karena antrean membayar tol,” ucap Kabid Humas Polda Jateng ini.

Jalan tol fungsional Brebes Timur-Gringsing sebelumnya dilaporkan ditutup sementara pada Rabu dini hari. Imbas penutupan itu, dalam waktu singkat sudah terjadi antrean kendaraan di pintu keluar tol Kaligangsa, Brebes Timur atau Brexit.

Pemudik yang semula hendak melewati jalan tol fungsional dialihkan atau dikeluarkan dari tol menuju jalan arteri pantura. Antrean kendaraan pada rabu dini hari dilaporkan mencapai sekitar 2,5 kilometer.

 

(Baca juga: Diawasi Jenderal, Petaka ?Brexit? Tak Akan Terulang)

Namun pada Rabu pagi, jalan tol fungsional sudah kembali dibuka untuk pemudik. Sementara di pintu keluar Grinsing, pada Rabu hingga pukul 11.00 WIB dilaporkan kondisi lalu lintas kondisi ramai lancar.

Kepadatan arus lalu lintas di tol fungsional tidak terlihat. Namun kepadatan lalu lintas justru terlihat dari jalur Pantura Batang.

“Dilaporkan arus lalu lintas exit Grinsing padat namun lancar, kepadatan tertinggi disumbang Pantura, lalu jalur tol fungsional cukup lancar, demikian info pukul 11.00,” demikian laporan Kasatlantas Polres Batang AKP Muhammad Adiel Aristo. 

Kompas TV Pemerintah Siap Hadapi Arus Mudik 2017
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com