Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Kabur dari Lapas Nusakambangan, Kadarmono Beli 30 Bungkus Roti

Kompas.com - 20/06/2017, 23:21 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com - Kepolisian Resor (Polres) Cilacap mengendus jejak Kadarmono alias Darmo bin Sukandar, seorang narapidana (napi) kasus perampokan yang kabur dari Lapas Klas IIA Permisan, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (19/6/2017).

Kapolsubsektor Nusakambangan Ipda Siswanto mengatakan, sebelum melarikan diri, napi asal Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kabupaten Semarang, ini diketahui membeli roti sebanyak 30 bungkus di warung milik Raharjo di Lapas Kembangkuning yang berjarak sekitar 7 kilomter dari Lapas Permisan, Nusakambangan. (Baca juga: Saat Gembalakan Kambing, Napi Nusakambangan Kabur ke Dalam Hutan)

“Kata pemilik toko, napi Kadarmo datang menggunakan sepeda motor,” kata Siswanto, Selasa (20/6/2017).

KOMPAS.com/Dok Humas Polres Cilacap Foto Kadarmono alias Darmo bin Sukandar, napi kasus perampokan yang dilaporkan melarikan diri dari Lapas Klas IIA Permisan, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (19/6/2017).

Lebih lanjut Siswanto mengungkapkan, tim gabungan menemukan sepeda motor yang digunakan oleh Kadarmo di pertigaan Ngasem, kurang lebih 500 meter dari Lapas Kembangkuning arah Kampung Laut.

"Kami sudah melakukan pencarian, namun keberadaan napi tersebut belum ada titik terang," kata Siswanto mewakili Kapolres Cilacap AKBP Yudo Hermanto SIK.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang narapidana (napi) bernama Kadarmono alias Darmo bin Sukandar dilaporkan melarikan diri saat menjadi tamping gembala sapi di hutan dekat Lapas Permisan.

Koordinator Kepala Lapas Nusakambangan, Abdul Aris menceritakan, peristiwa bermula saat Darno keluar untuk mengembalakan sapi berjumlah 14 ekor, Senin (19/6/2017) sekitar pukul 09.00 WIB. Namun saat semua tamping diapelkan oleh petugas jaga pukul 11.00 WIB, Darmo tak kunjung pulang.

“Di lokasi kejadian, di tengah Hutan Permisan, petugas hanya mendapati 14 ekor sapi gembala, sedangkan Kadarmo sudah tidak ada,” katanya. (Baca juga: Napi Nusakambangan yang Kabur Kemungkinan Sudah Keluar Pulau)

Kompas TV 19 Napi LP Sleman Dipindah ke Nusakambangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com