Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khofifah Disebut 90 Persen Maju di Pilkada Jatim

Kompas.com - 20/06/2017, 13:09 WIB
Ahmad Faisol

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com – Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Hasan Aminuddin menilai konyol jika ada wacana Pilkada Jatim hanya akan diikuti calon tunggal. Sebab, Khofifah Indar Parawansa 90 persen maju dalam Pilkada Jatim.

“Jika sampai Pilgub Jatim hanya diikuti calon tunggal, itu konyol. Prediksi saya, tak mungkin terjadi. Karena sembilan partai di Jatim masih sehat. Partai pasti akan mendukung kader terbaiknya,” kata Hasan, Selasa (20/6/2017).

Hasan yang merupakan Ketua DPP Nasdem dan anggota Komisi VIII DPR RI menambahkan, sejumlah partai juga menolak pilkada dengan calon tunggal. Sebagai bukti penolakan, partai akan menggelar sarasehan menolak pilkada tunggal.

(Baca juga: Khofifah Masih Memetakan Konstelasi Politik Pilkada Jatim)

Narasumber yang akan didatangkan adalah mantan Gubernur Jatim Imam Utomo dan KH Solahuddin Wahid, adik Gus Dur. “Itu inisiatif partai-partai. Mereka menolak pilkada dengan calon tunggal,” jelasnya.

Hasan yang santer diberitakan akan menjadi bacawagub Khofifah Indar Parawansa menegaskan, Khofifah 90 persen maju dalam Pilkada Jatim alias diizinkan nyalon Gubernur. Hal itu dia dengar dari Golkar, PPP, dan Hanura.

“Iya, bisik-bisik dari Golkar, PPP, dan Hanura, 90 persen Khofifah diizinkan maju. Setelah mengukur baju dan modal, saya hanya siap menjadi cawagub, karena Nasdem hanya punya 4 kursi di DPRD Jatim, kurang 14 kursi untuk mengusung sendiri,” tukasnya. 

(Baca juga: Pilkada Jatim, Pilihan Nasdem Gus Ipul atau Khofifah)

Kompas TV Nama yang sering disebut-sebut masuk bursa kandidat calon Gubernur Jawa Timur adalah Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com